Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Nov 2020 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Inikah Kuburan Kapal Viking Terbesar di Skandinavia

Kapal Viking Norwegia
Kuburan kapal Viking di Norwegia (Foto: CNN)
Oslo -

Para arkeolog di Norwegia menemukan kuburan kapal Viking yang langka. Alat yang mereka gunakan hanyalah radar.

Diberitakan CNN, para ahli itu telah mengidentifikasi situs pemakaman Viking yang bernilai tinggi yang belum pernah ditemukan. Di dalam situs ini ada aula pesta, rumah pemujaan, dan sisa-sisa pemakaman kapal.

Para peneliti dapat menemukan kapal Viking tanpa harus menggali daratan. Mereka hanya menggunakan radar penembus tanah (GPR) untuk melihat di bawah permukaan.

Kunci dari penemuan Institut Norwegia untuk Penelitian Warisan Budaya ini adalah situs pemakaman kapal Viking yang terletak di gundukan Jell di Gjellestad, Norwegia tenggara. Penemuan ini diterbitkan Selasa di jurnal Antiquity.

Perahu melambangkan perjalanan yang aman ke alam baka. Biasanya prosesi itu diberikan kepada masyarakat elit Viking.

Data GPR menunjukkan bahwa terdapat kapal Zaman Besi berukuran panjang sekitar 19 meter. Kapal ini terkubur antara 0,3 meter hingga 1,4 meter di bawah permukaan tanah.

"Saat kami melakukan survei semacam ini, biasanya hanya terlihat gumpalan abu-abu dan hitam putih. Tetapi kumpulan data ini sangat mencolok secara visual," kata penulis utama studi tersebut, Lars Gustavsen, peneliti di Institut Warisan Budaya Norwegia.

Kapal Viking NorwegiaKapal Viking Norwegia Foto: CNN

"Kami tahu ada sesuatu yang istimewa di sana, tapi kami tidak tahu bahwa akan ada pemakaman kapal Viking, itu sangat unik," katanya kepada CNN.

Data menunjukkan berbagai gundukan yang ditangkap radar, termasuk gundukan besar berbentuk oval yang diidentifikasi oleh para peneliti sebagai kapal Zaman Viking.

Setelah dilakukan tes awal, kegiatan menggali kapal Viking sedang dilakukan sekarang.

Gustavsen mengatakan bahwa gundukan tersebut sebelumnya digali pada abad ke-19. Itu ketika banyak sisa kayu kapal yang terbakar karena orang-orang tidak tahu apa itu.

Artinya tidak banyak yang tersisa untuk dianalisis oleh para peneliti saat ini.

"Ini kesempatan unik, sayang sekali hanya ada sedikit yang tersisa," katanya.

"Yang harus kami lakukan adalah menggunakan teknologi modern dan menggunakannya dengan sangat hati-hati. Dengan melakukan itu, kami berharap kami dapat menangkap sesuatu dari kapal itu, dan dapat mengatakan sesuatu tentang jenis kapal Viking itu," imbuh dia.

Selanjutnya, ada beberapa gundukan di sekitar kuburan kapal Viking >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA