Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Nov 2020 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat Wisata Lain Nihil Turis, Chatham Malah Kebanyakan Turis

Bonauli
detikTravel
Kepulauan Chatham di New Zealand
(CNN) Kepulauan Chatham di New Zealand
Kepulauan Chatam -

Pandemi virus Corona membuat dunia pariwisata kering kerontang. Tapi tidak dengan kepulauan satu ini yakni Chatham.

Dilansir dari CNN, ada kabar terbaru dari Selandia Baru. Salah satu kepulauannya malah dinyatakan overtourism alias kebanyakan turis.

Adalah Chatham, sebuah kepulauan di Samudera Pasifik yang terpencil. Kepulauan ini secara teknis masuk bagian dari Selandia Baru.

Meski masuk Selandia Baru, tapi ada gap di antara orang Selandia Baru dan orang Kepulauan Chatham. Orang-orang Kepulauan Chatham menyebut yang Selandia Baru dengan sebutan orang daratan. Ini mengapa mereka menganggap siapa pun yang datang adalah turis.

Sebelum pandemi, ada dua pulau yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan yaitu Chatham dan Pitt. Tiap tahun dua pulau ini kedatangan sekitar 2.000 wisatawan saja.

Namun adanya pandemi membuat orang-orang Kiwi (sebutan untuk orang Selandia Baru) tak bisa liburan ke luar negeri. Sehingga, mereka memilih Kepulauan Chatam untuk mencari suasana tenang.

Terang saja, Kepulauan Chatham hanya memiliki sekitar 700 penduduk tetap. Datang ke pulau terpencil ini rasanya liburan ke tempat yang jauh tanpa perlu karantina dan tes Covid-19.

Nama Chatham pun perlahan terdengar di kalangan wisatawan domestik.

"Itu terjadi cukup cepat. Sedikit lebih mahal untuk pergi ke sini jadi tidak ada anak muda yang mencari liburan murah dan tidak ada resor pantai atau apa pun," ujar Jackie Gurden, Manajer Pariwisata Kepulauan Chatham.

Kepulauan Chatham di New ZealandKepulauan Chatham di New Zealand Foto: (CNN)

Tapi begitu pandemi menutup perbatasan internasional, Tourism New Zealand langsung beralih memasarkan negara mereka untuk mendorong perjalanan domestik. Pariwisata Chatham yang memang tidak begitu laku, tiba-tiba saja jadi tenar.

"Permintaan bahkan jauh melebihi pasokan," ujar Gurden.

Kepulauan Chatham di New ZealandKepulauan Chatham di New Zealand Foto: (CNN)

Gurden memperkirakan ada 150 tempat tidur yang tersedia di sana. Itu termasuk hotel, penginapan, wisma dan tempat tinggal lokal yang disewakan seperti AirBnb.

Biasanya musim pariwisata di Chatham berlangsung dari sekitar November hingga Maret. Di belahan bumi selatan, bulan tersebut adalah musim panas.

Selanjutnya: Chatham Full Booked Sampai Juni 2021

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA