Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Direstorasi, Patung Ini Malah Jadi Aneh

Femi Diah
detikTravel
Patung di Palentia
Wajah patung ini menjadi aneh setelah direstorasi (CNN)
Palencia -

Sebuah patung yang menempel di gedung yang berlokasi di jalanan utama Spanyol direstorasi. Tapi, wajah patung itu malah menjadi aneh sampai bikin heboh.

Patung itu tepatnya ada di utara Palencia. Kepala patung itu patah. Nah, ada pemulih misterius mencoba memperbaiki kepalanya yang patah itu.

Adalah seniman lokal Antonio Capel yang menyadari ada keanehan di patung itu pada hari akhir pekan lalu. Dia kemudian mengunggah foto patung itu ke Facebook.

Tidak perlu waktu lama, fotonya membetot perhatian warganet. Apalagi, keterangan foto itu juga bikin netizen menyimaknya. Foto patung, namun kok dibilang kartun.

"Seperti karakter kartun," tulis Capel di Facebooknya dan dikutip CNN Travel.

Capel, yang studionya berada di seberang jalan dari gedung tempat patung itu, mengatakan dia belum mengetahui siapa yang melakukan pekerjaan itu, atau siapa yang menugaskannya.

Dia bilang saat ini patung itu mulai didatangi orang setelah fotonya beredar secara online dan diberitakan media Spanyol.

Capel tidak restorasi itu dilakukan bukan ahlinya. Dan, si pemulih bisa-bisanya percaya diri untuk melakukan restorasi itu. Atau bahkan, mereka yang bertanggung jawab atas karya seni itu bisa mengizinkan pekerjaan tersebut.

"Saya tidak mengerti mengapa mereka mengizinkannya," kata Capel.

"Itu tidak wajar bagiku," Capel menambahkan.

gedung di Spanyolgedung di Spanyol Foto: CNN

Asosiasi Profesional Konservator dan Pemulih Spanyol juga angkat bicara tentang pekerjaan tersebut.

"INI #IsNotRestoration," tweet organisasi itu. "Ini intervensi NON-profesional."

Capel menyebut upaya restorasi itu lebih buruk daripada pekerjaan pada lukisan dinding Yesus di dinding gereja di kota Borja pada tahun 2012.

Pemulih amatir Cecilia Gimenez secara luas dikritik karena karyanya untuk memulihkan patung Yesus itu. Tapi, justru celaan itu berubah menjadi kisah sukses yang tidak biasa.

Kasus restorasi lukisan "Monkey Yesus" atau Monyet Kristus itu menyebabkan sensasi di jagat maya, sebab karya aslinya sudah tidak bisa dikenali. Tapi, kemudian lukisan aneh itu justru menarik ribuan turis untuk datang ke Borja.



Simak Video "Kemegahan Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT