Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Nov 2020 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ubur-ubur Selebar Pizza Muncul di Amerika, Bisa Rusak Kapal

Ubur-ubur Selebar Pizza
Foto: Ubur-ubur di South Carolina (dok. Chris Collins)
Murrels Inlet -

Ubur-ubur seukuran pizza loyang besar tampak muncul di perairan South Carolina, AS. Dengan ukurannya yang besar, konon ubur-ubur ini bisa merusak kapal.

Departemen Sumber Daya Alam South Carolina (SCDNR) baru-baru ini menerima laporan tentang kemunculan ubur-ubur berukuran besar di perairan mereka, tepatnya di perairan Murrells Inlet, sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Myrtle Beach yang populer di kalangan turis.

Kemunculan ubur-ubur itu pertama kali dilaporkan oleh warga setempat bernama Chris Collins dan Kari, istrinya. Saat itu, Chris dan istrinya sedang berlayar menggunakan kapal yacht mereka. Sampai kemudian ubur-ubur ini terlihat di perairan tak jauh dari pantai.

"Saat pertama melihatnya, saya kira itu penyu atau pari manta yang besar. Jadi kami memutar untuk melihatnya dengan lebih dekat. Ketika kami melihatnya, ubur-ubur itu tampak tidak familiar. Kami pun memotretnya untuk dibagikan, siapa tahu ada yang bisa mengidentifikasinya," kata Chris seperti dikutip dari CNN, Selasa (17/11/2020).

Foto yang diunggah di Facebook tersebut akhirnya viral dan sampai juga ke pihak SCDNR. Salah satu staff SCDNR mengidentifikasi ubur-ubur itu sebagai Australian Spotted jellyfish alias Ubur-ubur Berbintik Australia.

Ubur-ubur tersebut asli berasal dari perairan Samudera Pasifik bagian barat yang tropis. Ubur-ubur itu bisa tumbuh sampai diameternya lebih dari 43 cm (seukuran pizza Large).

Karena ukurannya yang sangat besar, ubur-ubur itu bisa menyebabkan kerusakan kapal. Hewan bertentakel ini bisa saja tersedot ke sistem pembuangan air di kapal dan menyebabkan saluran itu tersumbat.

Selain itu, ubur-ubur ini bisa merusak alat-alat pancing dan jaring nelayan. Dalam jumlah yang banyak, ubur-ubur ini berbahaya karena bisa menghabiskan ikan-ikan yang ada di perairan tersebut.

Direktur Nonindigenous Aquatic Species (NAS), Wesley M Daniel mengatakan ada kurang lebih selusin penampakan ubur-ubur ini yang dilaporkan selama dua minggu terakhir ini di South Carolina. Ada kemungkinan jumlahnya bisa lebih banyak lagi di lautan.

"Mayoritas ditemukan sudah terdampar di pantai. Populasi ubur-ubur ini sudah terlihat di perairan timur Sungai Missisipi hingga ke utara Teluk Meksiko," ujar dia.



Simak Video "Menahan Gatalnya Ubur-ubur Demi Dua Belas Ribu Rupiah di Teluk Kiluan Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA