Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 13:13 WIB

TRAVEL NEWS

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Lebih Panjang Nil atau Amazon?

Puti Yasmin
detikTravel
Sungai Amazon
Foto: (iStock)/10 Sungai Terpanjang di Dunia, Lebih Panjang Nil atau Amazon?
Jakarta -

Sungai adalah aliran yang besar di daratan dan menjadi tempat mengalirnya air dari hulu ke hilir sungai. Di atas bumi, terdapat beberapa sungai terpanjang di dunia. Apa saja?

Air sungai mengalir dari hulu atau bagian tertinggi yang biasanya berada di pegunungan. Kemudian, air akan mengalir ke hilir atau bagian terdekat dengan muara sungai baik di danau atau lautan.

Berikut 10 sungai terpanjang di dunia dikutip dari buku 'Top 10 di Dunia' karya Irwan Nuswantoro:

1. Sungai Nil (6.650 km)

Berlayar di Sungai Nil naik cruiseKapal Berlayar di Sungai Nil Foto: shutterstock

Sungai terpanjang di dunia berada di benua Afrika. Sungai ini memiliki panjang hingga 6.650 km dan melewati 9 negara, yakni Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Sudan.

Keberadaan sungai Nil memiliki peranan yang sangat besar pada kemajuan peradaban dan perekonomian Mesir sejak ribuan tahun lalu. Nama 'Nil' sendiri berarti 'lembah sungai' dalam bahasa Yunani.

2. Sungai Amazon (6.400 km)

Sungai Amazon memiliki panjang mencapai 6.448 km dan melintasi beberapa negara, seperti Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia, hingga Ekuador. Muara sungai ini berada di Samudera Atlantik.

Sungai AmazonSungai Amazon Foto: (iStock)

3. Sungai Yangtze (6.300 km)

Sungai ini berada di negara China dengan panjang mencapai 6.300 km. Sungai ini memiliki banyak jurang dan juga dikelilingi oleh hutan-hutan yang lebat.

Pada zaman dulu sungai Yangtze memiliki peranan yang cukup penting dalam perdagangan China untuk mengangkut barang dagangan. Sungai ini digunakan hingga akhir abad ke-20.

Kota Wuhan terletak di tepi Sungai Yangtze telah menjadi saksi bisu banyak peristiwa bersejarah di China sejak lama. Kini, Wuhan lebih dikenal sebagai episentrum pandemi virus corona yang mendunia.Sungai Yangtze Foto: Associated Press

4. Sungai Mississippi (6.275 km)

Sungai terpanjang di dunia urutan empat ini berada di benua Amerika. Sungai ini juga dikenal dengan nama 'Bapak sungai' karena memiliki banyak cabang atau anak sungai.

Sungai Mississippi sendiri bermuara di Teluk Meksiko. Nama sungai ini sendiri berasal dari bahasa asli Amerika yang berarti 'Banyak Air' karena menjadi sumber mata air.

Sungai MississippiSungai Mississippi Foto: (Angga/detikTravel)

5. Sungai Yenisei - Angara - Selenga (5.539 km)

Sungai yang memiliki panjang mencapai 5.539 km ini melintasi dua negara, yakni Rusia dan Mongolia. Aliran sungai tersebut akhirnya bermuara di Samudera Arktik.

Selanjutnya: Sungai Huang He

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Targetkan Perbaikan Tanggul Sungai Citarum 2 Hari"
[Gambas:Video 20detik]

BERITA TERKAIT
BACA JUGA