Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 15:49 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Kata Pendaki yang Rekam Suara Gamelan di Gunung Mananggel

Ismet Selamet
detikTravel
Gunung di Cianjur, Jawa Barat.
Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat Foto: (Facebook)
Cianjur -

Video Tiktok suara gamelan di Gunung Mananggel Cianjur viral di media sosial. Namun ternyata pengunggah yang sekaligus pendaki itu baru tersadar adanya suara tersebut setelah videonya tersebar dan mendapat banyak komentar warganet.

Andhika pemilik akun @thx.rk menjelaskan jika dia bersama beberapa temannya naik ke Gunung Pangrango pada bulan lalu. Pria yang memang hobi naik gunung ini berkemah selama satu malam di gunung yang hanya beberapa kilometer dari pusat kota itu.

Ia yang tiba di puncak Gunung Mananggel menjelang magrib itu mengaku suara tersebut tidak sengaja ikut terekam dalam konten videonya.

Bahkan ia mengungkapkan jika saat mengambil video dan bermalam di Mananggel, tidak mendengar suara gamelan atau mengalami hal mistis lainnya.

"Saya sampai puncak memang menjelang magrib. Tapi saat itu tidak ada suara gamelan," kata dia saat dihubungi detikcom melalui telepon seluler, Kamis (3/12/2020).

Dia baru tersadar jika ada suara gamelan yang ikut terekam, setelah videonya diunggah di TikTok dan grup whatsapp.

"Setelah diupload, banyak yang komentar jika ada suara gamelan. Begitu didengarkan lagi videonya, ternyata memang ada suara gamelan selama beberapa detik," ucapnya.

Namun ia mengaku tidak begitu terkejut dengan adanya suara tersebut. Sebab dia beberapa kali mengalami hal serupa saat mendaki gunung.

Bahkan yang terbaru, videonya saat mendaki Gunung Slamet juga terdapat suara tangisan perempuan.

"Kalau yang di Gunung Slamet lebih ngeri, saat di puncak saya mendengar ada tangisan. Dan saat turun, ketika saya ambil video ternyata ada juga suara tangisan yang terekam," tuturnya.

Selanjutnya: Suara Gamelan hal yang biasa di Gunung

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA