Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Des 2020 08:13 WIB

TRAVEL NEWS

Hiu Putih Langka Australia Ditemukan Mati Dekat Spot Snorkeling Populer

Hiu Putih Langka Mati
Foto: Hiu putih ditemukan mati (dok. Whyalla Fishing Page)
Whyalla -

Seekor hiu putih langka dan dilindungi di Australia ditemukan mati di dekat spot snorkeling populer. Investigasi pun dilakukan guna mencari tahu penyebabnya.

Petugas Dinas Kelautan setempat di Australia Selatan sedang melakukan investigasi terkait ditemukannya bangkai seekor hiu putih yang langka. Bangkai hiu itu ditemukan terdampar di atas batu pantai yang selama ini populer sebagai lokasi snorkeling.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Minggu (612/2020), lokasi ditemukannya bangkai hiu putih tersebut dikenal sebagai Point Lowly, tak jauh dari Whyalla. Bangkai hiu putih itu ditemukan pada hari Kamis (3/12) kemarin/

"Dengan bantuan warga setempat, hiu putih itu berhasil kami temukan dan evakuasi untuk pemeriksaan forensik sebagai bagian dari tindakan investigasi untuk mencari tahu penyebab kematiannya," ungkap juru bicara dari The Departement of Primary Industries.

Spesies hiu putih adalah hewan yang sangat dilindungi di perairan Australia. Kedudukannya sebagai predator puncak sangat penting fungsinya di ekosistem, sebagai pengendali populasi hewan di bawahnya.

Orang yang kedapatan menangkap, membunuh, memiliki, menyimpan atau menyakiti spesies hiu tersebut, bisa dijatuhi hukuman berat oleh pemerintah Australia. Tidak main-main, dendanya bisa mencapai AUD 10.000 atau setara Rp 105 juta.

Point Lowly sendiri termasuk spot snorkeling yang populer di kalangan wisatawan. Selain itu, keanekaragaman hayati di sini, terutama alam bawah lautnya juga termasuk kaya. Tak heran jika banyak diver suka diving di Point Lowly, Australia.

Studi terbaru yang dilakukan oleh lembaga bernama CSIRO menyebutkan, populasi hiu putih dewasa di Australia hanya tinggal 1.460 ekor saja. Spesies hiu putih bisa ditemukan di perairan Australia selatan dan juga Australia Barat.



Simak Video "Seorang Wanita Tewas Diserang Hiu di Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA