Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Des 2020 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tarik Minat Wisatawan, Dispar Sumbar Rilis Agenda Pariwisata 2021

Jeka Kampai
detikTravel
Meriahnya Festival Pamalayu di Dharmasraya
Festival Pamalayu tahun 2019 (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Meski masih pandemi, gairah dunia pariwisata di Sumatera Barat tak surut. Dispar Sumatera Barat secara resmi merilis 45 agenda pariwisata selama tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan, event pariwisata yang akan disuguhkan merupakan atraksi yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Ranah Minang. Ke-45 agenda tersebut merupakan gabungan event pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota dan berbagai komunitas.

"Event yang dimasukkan ke kalender ini merupakan event utama Provinsi Sumbar dengan jumlah 45 event. Event tidak hanya dilaksanakan oleh dinas pariwisata provinsi dan kabupaten/kota, tapi juga berasal dari komunitas," kata Novrial kepada wartawan, Selasa (15/12/2020).

Dengan jumlah 45 kalender tersebut, maka diyakini setiap bulannya akan ada event pariwisata di daerah itu. Bahkan, bisa jadi ada yang lebih dari satu agenda. Misalnya, di awal 2021, akan ada tiga agenda. Yakni Festival Pamalayu di Kabupaten Dhamasraya, Serak Gulo dan Indian Culture di Kota Padang serta Festival Cap Go Meh yang juga di Kota Padang.

Pada bulan Februari, ada 2 agenda. Pertama, Festival Lansek Manih di Kabupaten Sijunjung dan Kedua, Festival Maapam di Kabupaten Pasaman Barat.

Novrial menjelaskan, agenda pariwisata di Sumbar mulai padat sejak Bulan Juni. Di Bulan Juni, akan ada 4 acara yakni Pacu Jawi di Tanah Datar, Alek Bakajang di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sirkuit Nasional Voli Pantai di Kabupaten Pesisir Selatan dan Silek Art Festibal di Kabupaten Agam.

Memasuki Juli, ada 6 event pariwisata, yaitu Festival Serambi Mekkah di Kota Padang Panjang, Festival Pesona Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Festival Pesona Minangkabau di Kabupaten Tanah Datar, Festival Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Festival 1.000 Penari Indang di Kota Pariaman dan Pacu Tabang Itiak di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Event andalan Tour de Singkarak (TdS) juga akan kembali hadir untuk pecinta balap sepeda internasional. TdS yang terakhir digelar pada 2019 lalu akan hadir di bulan September 2021. TDS akan melibatkan hampir seluruh kabupeten dan kota di Sumbar. Ada kemungkinan TdS juga akan diikuti provinsi tetangga sebagai penyelenggara seperti Jambi, Riau, dan Bengkulu.

Dengan adanya kalender event pariwisata yang telah kita siapkan ini, kita harapkan sektor pariwisata di Sumbar dapat kembali menggeliat di masa pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru," ucap Novrial.

Selanjutnya, Agenda Lengkap Pariwisata Sumbar 2021

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA