Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Des 2020 16:44 WIB

TRAVEL NEWS

Kudus Segera Miliki City Walk Mirip Malioboro Yogyakarta

Dian Utoro Aji
detikTravel
Kudus City Walk
Kudus City Walk yang disebut bakal mirip Malioboro. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan segera memiliki kawasan bernama Kudus City Walk yang digadang-gadang akan mirip di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Pembangunan kini sudah mencapai 98 persen. Lalu seperti apa penampakannya?

Lokasi letak Kudus City Walk berada di Jalan Sunan Kudus. Letaknya terbilang strategis karena berada di sekitar kawasan Alun - Alun Simpang Tujuh Kudus.

Dari pantauan detikcom di lapangan, pembangunan Kudus City Walk saat ini tengah tahap penyelesaian. Sejumlah spot sudah terpasang. Seperti kursi, taman, hingga lampu hias. Tidak hanya itu selain pedestrian bagi pejalan kaki, lantai Kudus City Walk menggunakan lantai granit.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan pembangunan City Walk ini rencananya ada dua sisi utara dan selatan di Jalan Sunan Kudus. Namun karena pandemi virus Corona atau COVID-19 baru dikerjakan di sisi utara terlebih dahulu. Kudus City Walk berada di Jalan Sunan Kudus sepanjang 562 meter.

"Ini kan anggaran terbatas, jadi kita bangun dari sisi kiri (sebelah utara) terlebih dahulu. Ya nantinya akan dilanjut untuk tahun 2021. Jadi memang kita buat city walk untuk orang jalan serta ada kuliner di sana seperti ada Malioboro," kata Hartopo kepada detikcom saat ditemui di pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (17/12/2020).

Kudus City WalkKudus City Walk dalam proses pengerjaan. Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Hartopo mengatakan, Kudus City Walk ini nantinya akan memiliki konsep seperti di kawasan Malioboro yang ada di Yogyakarta. Kata dia nantinya ada sejumlah PKL yang ada sepanjang pedestrian City Walk Kudus. Tidak hanya itu, kata dia City Walk akan dibentuk dengan suasana klasik dan kuno.

"Jadi ada yang lesehan kita bentuk yang manis. Dan untuk tenda - tenda itu semuanya sama kita bikin seperti itu (mirip Malioboro), kira - kira seperti itu," ujar Hartopo.

"Konsep seperti itu, semi - semi klasik. Di sini ada menonjok terasnya sempit lebar. Intinya kita bangun seperti Malioboro," ujar dia.

Terpisah, pelaksana proyek pembangunan Kudus City Walk, Abdul Qodir mengatakan untuk progres pembangunan City Walk selesai pada 18 Desember 2020. Saat ini pekerjaan sudah mencapai 98 persen. Kini tengah pembersihan dan pemasangan lampu hias di sepanjang jalan Sunan Kudus.

"Progres saat ini sudah 98 persen, selesai besok pagi. Kini kita tinggal memasang lampu melintang saja, sama pembersihan saja," kata Abdul saat ditemui di kawasan Jalan Sunan Kudus, City Walk, Kamis siang ini.

Abdul mengatakan, pembangunan Kudus City Walk ini menghabiskan anggaran Rp 14,2 miliar. Rencananya kata dia konsep City Walk akan mirip dengan Malioboro.

"Kalau yang sama konsepnya saja, lampu hias, terus tanaman. Termasuk ramah dengan difabel juga. Ini pembangunan menghabiskan anggaran Rp 14,2 miliar," tambah Abdul.



Simak Video "Penampakan Replika Menara Kudus di Masjid Peninggalan Kiai Udan Panas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA