Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Des 2020 12:54 WIB

TRAVEL NEWS

Antrean Rapid Tes Antigen COVID-19 di Stasiun Purwokerto Membeludak

Rinto Heksantoro
detikTravel
Suasana rapid res antigen di Daop 5 Purwokerto
Suasana rapid tes antigen COVID-19 di Stasiun Purwokerto (dok PT KAI Daop 5 Purwokerto via Rinto Heksantoro/detikTravel)
Purwokerto -

Menjelang akhir tahun, jumlah calon penumpang kereta api yang menjalani rapid tes antigen COVID-19 di Daop 5 Purwokerto membeludak. Jumlahnya 3.163 orang.

Dari tiga ribuan calon penumpang yang menjalani rapid tes antigen COVID-19 itu, tidak seluruhnya nonreaktif. PT KAI menyebut 1 persen calon penumpang itu dinyatakan reaktif.

"Calon penumpang yang menjalani rapid tes antigen COVID-19 dan reaktif, tiketnya sudah dibatalkan oleh calon penumpang," kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Eko Budiyanto, ketika dihubungi detikTravel, Selasa (29/12/2020).

Eko menambahkan antusiasme masyarakat untuk mengikuti rapid tes antigen cukup tinggi. Rata-rata, petugas medis yang berjaga di stasiun bisa melayani sekitar 400 hingga 500 orang per hari, itu pun hanya dibatasi dengan durasi pelayanan sekitar enam jam per hari.

"Mungkin karena memang kebutuhan, masyarakat banyak ingin bepergian jadi banyak yang ikut rapid tes antigen ini. Rata-rata per hari ada sekitar 400 sampai 500 orang. Dan, perlu diketahui, rapid tes ini berlaku tiga hari," kata dia.

Suasana rapid res antigen di Daop 5 PurwokertoSuasana rapid res antigen di Daop 5 Purwokerto Foto: dok PT KAI Daop 5 Purwokerto via Rinto Heksantoro/detikTravel

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, Eko melanjutkan, pengguna jasa kereta api memang harus mematuhi protokol kesehatan sebagaimana ketentuan Gugus Tugas Nasional penanganan COVID-19 yang mensyaratkan rapid tes antigen bagi pengguna jasa transportasi KA.

Terhitung mulai hari ini, PT Daop 5 Purwokerto kembali menambah pelayanan rapid tes antigen di Stasiun Kebumen. Sebelumnya PT KAI DAOP 5 Purwokerto telah menyediakan layanan rapid tes di 3 stasiun yaitu Stasiun Purwokerto, Kroya, dan Kutoarjo.

Dibukanya layanan rapid test di stasiun Kebumen ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat di wilayah Kebumen dan sekitarnya untuk melakukan rapid tes antigen sebagai persyaratan ketika menggunakan transportasi KA Jarak jauh.

Adapun untuk jam buka layanan rapid tes antigen di Stasiun Kebumen resmi dibuka mulai hari ini pukul 14.00 WIB dan untuk jam layanan selanjutnya dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

"Kami berharap kepada masyarakat Kebumen dan sekitarnya untuk memanfaatkan kemudahan layanan rapid tes antigen yang disediakan oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto," kata dia.

Suasana rapid res antigen di Daop 5 PurwokertoSuasana rapid res antigen di Daop 5 Purwokerto Foto: dok PT KAI Daop 5 Purwokerto via Rinto Heksantoro/detikTravel

"Imbauan kami bagi masyarakat pengguna jasa KA ketika akan melaksanakan rapid tes supaya jangan mendadak agar tidak menimbulkan kerumunan," dia berharap.

"Tolong ada estimasi waktu yang longgar antara waktu rapid tes sampai dengan waktu keberangkatan KA supaya tidak tertinggal KA. Adapun persyaratan untuk rapid test antigen di stasiun adalah sudah memiliki tiket kereta api jarak jauh atau kode booking pembelian tiket. Untuk tarif sebesar Rp 105.000," dia menambahkan.

Bagi masyarakat yang akan melaksanakan rapid tes antigen di stasiun tetap diwajibkan menjaga protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.



Simak Video "Penampakan Banjir di Bekasi yang Lumpuhkan Rute KA Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA