Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Jan 2021 20:13 WIB

TRAVEL NEWS

Jumlah Wisatawan Menggila, Kawah Sikidang Dieng Ditutup Sementara

Uje Hartono
detikTravel
Kawah Sikidang
Foto: Wisatawan di Kawah Sikidang Dieng (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Obyek wisata Kawah Sikidang di dataran tinggi Dieng ditutup sementara mulai besok, Senin (4/1). Penutupan dilakukan menyusul menggilanya jumlah wisatawan.

Membeludaknya wisatawan saat libur natal dan tahun baru kemarin membuat Kawah Sikidang ditutup sementara. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, penutupan dilakukan selama 5 hari. Yakni mulai Senin (4/1) sampai Jumat (8/1).

"Karena jumlah wisatawan pada libur natal dan tahun baru membludak. Sehingga pemerintah kabupaten Banjarnegara mulai besok memutuskan untuk menutup sementara hingga tanggal 8 Januari 2021," ujarnya saat dihubungi detikcom, Minggu (3/1/2021).

Selama penutupan obyek wisata Kawah Sikidang, pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan di semua lokasi wisata tersebut. Termasuk juga membersihkan sampah.

"Mulai besok, akan dilakukan penyemprotan disinfektan di lokasi Kawah Sikidang. Juga membersihkan sampah," kata dia.

Nantinya, saat dibuka lagi pihaknya juga sudah menyiapkan traffic untuk mengatur jumlah wisatawan di lokasi Kawah Sikidang. Salah satunya dengan menempatkan petugas di pertigaan Candi Bima. Sehingga tidak terjadi kerumunan di lokasi Kawah Sikidang.

"Jadi nanti ada pembatasan jumlah wisata di Kawah. Nantinya ada petugas yang ditempatkan di pertigaan Candi Bima. Petugas itu akan berkoordinasi dengan petugas yang ada di lokasi wisata Kawah Sikidang. Kalau sudah longgar baru diperbolehkan untuk ke lokasi kawah Sikidang," jelasnya.

Selama masih penuh, wisatawan akan diarahkan ke obyek wisata lain di dataran tinggi Dieng. Misalnya, kompleks Candi Arjuna, Telaga Merdada, Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda dan obyek wisata lainnya.

"Kalau masih penuh, akan kami arahkan ke obyek wisata lainnya dulu. Kan banyak wisata lain di Dieng," katanya.

BACA

Ia juga mengingatkan kepada wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berlibur ke obyek wisata di dataran tinggi Dieng.

"Protokol kesehatan tetap harus dilakukan. Kalau kawah Sikidang sebaiknya, sementara ini wisata keluarga dulu. Belum yang membawa rombongan dalam jumlah banyak," imbaunya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah wisatawan di obyek wisata Kawah Sikidang membludak di libur natal dan tahun baru. Pada tanggal 1 Januari 2021, jumlah wisatawan di Kawah Sikidang mencapai 8 ribu hingga 10 ribu orang. Bahkan terjadi kemacetan di pintu masuk obyek wisata Kawah Sikidang tersebut.

Salah satunya, disebabkan lantaran kini obyek wisata Kawah Sikidang tampil dengan wajah baru. Yakni adanya jembatan Kahyangan sepanjang 1 kilometer. Jembatan tersebut menghubungkan antara pintu masuk ke lokasi kawah.



Simak Video "Ternyata ini Arti Nama dari Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA