Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Jan 2021 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

18 Negara yang Sudah Menggunakan Vaksin Corona

Tim detikcom
detikTravel
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. ANTARA FOTO/Jojon/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/JOJON/18 Negara yang Sudah Menggunakan Vaksin Corona
Jakarta -

Indonesia akan mulai melakukan vaksin corona pada 13 Januari 2021. Beberapa negara sudah memulainya pada Desember 2020.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) AS resmi memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech, pada Jumat (11/12/2020).

Lewat penelitiannya, FDA menemukan bahwa vaksin aman. Vaksin 90 persen efektif pada kelompok populasi yang berbeda secara usia, ras, dan pada kelompok masyarakat yang memiliki penyakit bawaan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) juga telah memberikan izin penggunaan darurat pada vaksin Moderna.

Berikut Negara yang Sudah Menggunakan Vaksin Corona:

1. Amerika Serikat

Program vaksinasi di Amerika Serikat dimulai pada Senin (14/12). Di antara mereka yang masuk penerima gelombang pertama adalah Sandra Lindsay, seorang perawat di New York.

Disebutkan juga, 325.882 orang Amerika menerima suntikan vaksin Moderna atau Pfizer/BioNTech pada 2 Januari 2021.

2. Israel


Sejak 19 Desember, Israel sudah menggelar vaksinasi dengan vaksin BioNTech-Pfizer. Hingga akhir Desember, sudah lebih dari 800 ribu orang yang divaksinasi.

Associated Press melaporkan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga telah divaksin pada (19/12/2020). Dia disuntik dengan vaksin Corona Pfizer-BioNTech dan ditonton secara live di TV di Sheba Medical Center di Ramat Gan, dekat Tel Aviv.

Sementara warga Israel yang diutamakan adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun, memiliki kondisi kesehatan berisiko, dan petugas kesehatan.

3. Inggris

Vaksinasi COVID-19 di Inggris dimulai pada 8 Desember. Inggris hingga 4 Januari telah memvaksinasi sekitar 1,4 persen penduduknya. Inggris menyuntik warganya dengan vaksin AstraZeneca / Oxford COVID-19.

Inggris juga adalah negara pertama di dunia yang menyetujui Pfizer-BioNTech untuk penggunaan darurat.

4. China

China telah memberikan tiga vaksin yang berbeda. Dua dikembangkan oleh CNBG dan satu oleh Sinovac Biotech) untuk mereka yang bekerja di sektor esensial dan kelompok lain yang berisiko tinggi terinfeksi pada Juli tahun lalu.

Vaksin untuk masyarakat umum, yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi yang didukung negara, Sinopharm, juga telah disetujui.

5. Prancis

Prancis adalah negara yang sudah menggunakan vaksin COVID-19. Prancis telah memberikan dosis Pfizer/BioNTech kepada 352 orang pada (31/12/2020).

6. Jerman

Jerman telah memvaksinasi 190.000 sampai Sabtu (02/01/2021).

7. Bahrain

Bahrain memulai program vaksinasi nasional dan Raja Hamad bin Isa Al Khalifa diberi vaksin Covid-19 pada Rabu (16/12/2020). Negara itu pada 4 Desember tercatat sebagai negara kedua di dunia yang memberikan persetujuan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech.

Bahrain juga menyetujui penggunaan vaksin produksi China Sinopharm.

8. Kanada

Kanada mengeluarkan izin penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech pada (9/12/2020). Beberapa hari kemudian langsung memulai vaksinasi massal.

Dikutip Reuters, Kanada memesan vaksin paling banyak di dunia jika dihitung berdasarkan jumlah penduduk. Pemesanan dalam jumlah besar itu menimbulkan kritik.

Namun Perdana Menteri Justin Trudeau menyatakan, pemerintah Kanada kurang sigap membeli alat pelindung diri di awal pandemi dan pelajaran itu ia terapkan untuk pengadaan vaksin.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA