Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jan 2021 10:48 WIB

TRAVEL NEWS

Pemprov Bali Gandeng Christian Dior untuk Promosi Kain Endek Bali

Angga Riza
detikTravel
Pemprov Bali Gandeng Christian Dior, Dalam Promosikan Ekspresi dan Budaya Traditional Indonesia
Gubernur Bali I Wayan Koster. Foto: Istimewa (Dok Humas Pemprov Bali)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali resmi menyepakati kerjasama dengan Christian Dior dalam mempromosikan ekspresi dan budaya traditional Indonesia, salah satunya kain Endek Bali.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan pernyataan kehendak (Letter Of Intent - Lol) oleh Gubernur Bali I Wayan Koster sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Bali.

Penandatangan kehendak (Letter Of Intent - Lol) dilakukan melalui meeting zoom, Jumat (8/1/2021). Ada beberapa point dalam penandatanganan kesepakatan yang dilakukan oleh Pemprov Bali dan Christian Dior.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Pernyataan Kehendak antara Pemerintah Provinsi Bali dan Christian Dior Couture S.A tentang Kerjasama Dalam Mempromosikan Ekspresi Budaya Tradisional Indonesia yang berisi hal-hal sebagai berikut:

Pemprov Bali Gandeng Christian Dior, Dalam Promosikan Ekspresi dan Budaya Traditional IndonesiaPemprov Bali Gandeng Christian Dior, Dalam Promosikan Ekspresi dan Budaya Traditional Indonesia Foto: Istimewa (Dok Humas Pemprov Bali)

a. Pemerintah Provinsi Bali, Republik Indonesia dan Christian Dior Couture S.A. ("Dior"); selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai "Para Pihak";

b. Berkeinginan untuk membangun hubungan yang baik antara Para Pihak dan mengembangkan kerja sama yang menguntungkan;

c. Mengakui pentingnya prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan;

d. Berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara masing-masing;

e. Dengan ini menyatakan kehendak Para Pihak untuk membangun kerja sama di bidang-bidang sebagai berikut:

1. mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia, khususnya pemanfaatan Tenun Ikat Endek Bali dalam produk Dior;

2. pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah di Bali yang memproduksi Tenun Ikat Endek;

3. bidang-bidang lain yang menjadi kepentingan bersama yang disepakati Para Pihak.

f. Pelaksanaan kerjasama ini akan didasarkan pada bidang-bidang yang telah disepakati dan akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) yang ditandatangani oleh Para Pihak paling lambat 1 tahun setelah penandatanganan Pernyataan Kehendak ini.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Christian Dior yang telah menggunakan kain Endek Bali. Koster berharap kerjasama seperti ini bisa lebih lanjut ke depanya.

"Gubernur Bali mewakili Pemerintah Provinsi dan masyarakat Bali menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Christian Dior yang memiliki niat baik untuk menggunakan dan mempromosikan kain Endek Bali yang diproduksi secara tradisional oleh penenun kaum perempuan Bali. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Sekjen Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar RI di Paris, dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan atas fasilitasinya," kata Koster dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/1/2021).

"Gubernur Bali sangat mengharapkan agar model kerjasama seperti ini terus dapat dikembangkan di masa yang akan datang, tidak terbatas hanya pada kain Endek Bali tetapi juga untuk produk berbasis budaya branding Bali lainnya yang merupakan keunggulan inovasi dan kreasi masyarakat Bali," ujar Koster.



Simak Video "Apa Istimewanya Vespa 946 Dior Seharga Rp 1 M yang Dibeli Raffi Ahmad?"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA