Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jan 2021 21:31 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Sriwijaya yang Jatuh Merupakan Bekas 2 Maskapai AS

Sriwijaya Group Buka 2 rute baru
Ilustrasi Sriwijaya Air Foto: detikFoto
Jakarta -

Sejumlah spekulasi bermunculan mengenai jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY-182 rute Pontianak. Ditelusuri, pesawat ini merupakan bekas 2 maskapai AS.

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJY 182 itu diketahui take off dari Bandara Soetta dari Jakarta menuju Pontianak sekitar pukul 13.30 WIB. Kemudian, pesawat itu terakhir kontak pada pukul 14.40 WIB.

Lewat situs pemantau penerbangan FlightRadar24, pesawat itu juga diketahui lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.36 WIB.

Namun, saat ini status penerbangan Sriwijaya Air SJY-182 di situs FlightRadar34 tertulis 'Unknown'. Tidak ada keterangan soal waktu mendarat. Kabar duka pun muncul, ketika Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan ada pesawat jatuh di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Junaedi menyebut menerima informasi itu sekitar pukul 14.30 WIB. Juanedi mengatakan pesawat tersebut jatuh dan meledak.

"Iya katanya ada (pesawat jatuh) tadi jam 14.30 WIB. Mungkin saat ini sedang ada pencarian. Infonya ada (pesawat) yang jatuh, meledak di Pulau Laki," ujar Junaedi kepada detikcom.

Ditelusuri oleh detikTravel lewat situs Planespotter, ternyata pesawat Sriwijaya Air dengan nomor body PK-CLC itu punya sejarah panjang. Dibuat di Renton, Amerika Serikat, pesawat itu pertama kali mengudara pada 13 Mei 1994.

Secara umur, pesawat Sriwijaya Air yang jatuh itu sudah menginjak 26 tahun dan 7 bulan. Pertama kali terbang, maskapai yang mengadopsinya adalah Continental Air Lines pada 31 Mei 1994.

Di tangan penyewa pertama maskapai Continental Air Lines, pesawat itu digunakan hingga pertengahan tahun 2010 sebelum berpindah lagi ke tangan maskapai United Airlines. Efektif, pesawat itu digunakan selama 16 tahun oleh Continental Air Lines.

Kemudian, maskapai United Airlines menyewa pesawat bekas Continental Air Lines itu selama dua tahun saja sebelum dibeli oleh Sriwijaya Air pada 15 Mei 2012.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA