Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Jan 2021 16:53 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Rampung, Sarinah akan Pamerkan Relief Era Bung Karno

Tim detikcom
detikTravel
Umat Islam melaksanakan salat jumat di kawasan Sarinah Jakarta, Jumat (16/10/2020).
Ilustrasi Sarinah yang sedang direnovasi (Rengga Sancaya/detikTravel)
Jakarta -

Saat ini pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta Pusat tengah direnovasi. Direncanakan rampung Agustus 2021, akan dipamerkan juga relief bersejarah.

Dilansir detikTravel dari Antara, Minggu (10/1/2021), Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati mengatakan relief bersejarah berusia lebih dari setengah abad di Gedung Sarinah akan dipamerkan sebagai salah satu ikon budaya saat pembukaan kembali pusat perbelanjaan tersebut pada Agustus 2021.

Diketahui, pemugaran gedung pusat perbelanjaan Sarinah yang berlokasi di Jalan MH Thamrin itu telah dimulai sejak Agustus 2020 lalu yang bertepatan dengan HUT ke-58 Sarinah. Targetnya, renovasi itu rampung pada Agustus 2021.

"Relief tersebut memang ada, namun informasi detail tentang ini belum dapat kami publish, karena akan menjadi salah satu ikon kejutan yang akan kami tampilkan saat grand opening Agustus," kata Fetty.

Petugas melakukan proses pemugaran pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta, Sabtu (31/10/2020). Sarinah merupakan pusat perbelanjaan (Mal) pertama di Indonesia.Petugas melakukan proses pemugaran pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta, Sabtu (31/10/2020). Sarinah merupakan pusat perbelanjaan (Mal) pertama di Indonesia (Ari Saputra/detikTravel)

Fetty menjelaskan, bawah penempatan relief tersebut akan diletakkan di tempat aslinya. Adapun, foto soal relief itu sempat bocor beberapa waktu lalu lewat unggahan akun Instagram @liayuslan yang memposting foto sebuah relief di Sarinah. Lia adalah wanita yang mengenakan helm dan rompi proyek bertuliskan Wika, tampak berfoto di sebuah relief.

Fetty menjelaskan, relief itu sebenarnya sudah ada sejak gedung Sarinah diresmikan pertama kali oleh Soekarno di tahun 60-an. Saat itu relief tersebut ditempatkan secara terbuka.

Namun pada saat gedung Saring dilakukan renovasi dan mengubah layout, relief itu ditutup karena tidak sesuai dengan layout saat ini. Sehingga keberadaan relief tersebut sudah lama tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Fetty pun menegaskan, bukan berarti relief itu baru ditemukan saat ini. Pihak manajemen Sarinah pun sebenarnya tahu adanya relief tersebut di dalam gedung.

"Tapi itu diketahui, bukannya tidak diketahui. Karena kan waktu awal buka oleh Bung Karno tahun 60-an, ada statement di depan Sarinah, sebagai pintu masuk Sarinah gitu," terangnya saat dihubungi detikcom terpisah.

Rencananya relief itu akan dipertontonkan kepada publik pada Agustus 2021, tepat pada saat Hari Kemerdekaan Indonesia dan HUT Sarinah.
Tapi bukan hanya relief ada beberapa benda bersejarah yang akan menjadi icon Sarinah.

Selanjutnya: Ikon Sarinah selain relief

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "PPKM Darurat, 2 Ruas Jalan Simpang Sarinah Ditutup!"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA