Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Jan 2021 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Alasan di Balik Orang Jepang yang Gila Antre

Putu Intan
detikTravel
Budaya disiplin orang Jepang patut diacungi jempol. Bahkan mereka rela mengantre panjang untuk naik bus kota.
Budaya antre di Jepang. (Foto: Dikhy Sasra)
Tokyo -

Orang Jepang memang terkenal akan kedisiplinannya. Salah satunya soal budaya antre, mereka juaranya. Tapi kenapa ya mereka begitu tertib mengantre?

Jika traveler pernah berkunjung ke Jepang, pasti tak heran dengan kerapian barisan orang-orang yang sedang mengantre. Mulai dari antre membeli kopi, antre naik kereta, sampai antre menonton konser.

Salah satu fenomena mengantre yang populer di Jepang dan membuat turis kagum adalah saat ada konvensi buku komik besar-besaran yang disebut Comiket. Dilansir dari Business Insider, biasanya sekitar 500 ribu orang akan hadir.

Dengan sebegitu banyaknya orang, para pengunjung rela antre dan menunggu gilirannya dengan sabar. Mereka tidak peduli seberapa jauh antrean akan meliuk-liuk.

Mengantre memang bukan cuma jadi kegemaran orang Jepang tapi sudah membudaya. Ini karena mereka sudah dilatih sejak usia dini.

Sejak di sekolah taman kanak-kanak, mereka diajari 3 hal mendasar yaitu disiplin, kerja sama, dan rasa hormat. Wujud pembelajaran itu terlihat dari sekolah yang biasanya mengadakan pertunjukan kelompok yang melibatkan 100 siswa.

Di sana, para siswa mendapatkan peran pertunjukan masing-masing. Ketika sebuah kelompok memainkan alat musik, kelompok yang lain diminta duduk tenang dan mendengarkan.

Budaya disiplin orang Jepang patut diacungi jempol. Bahkan mereka rela mengantre panjang untuk naik bus kota.Budaya disiplin orang Jepang patut diacungi jempol. Bahkan mereka rela mengantre panjang untuk naik bus kota. Foto: Dikhy Sasra

Siswa yang sedang tampil akan belajar mengimbangi waktu dengan siswa lain. Demikian pula dengan siswa yang duduk mendengarkan, mereka berlatih untuk sabar dan mengendalikan diri mereka.

Selanjutnya: lantas kenapa sih orang Jepang harus diajari antre sejak dini?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Antrean Vaksinasi Corona untuk Lansia, Satgas Akan Perbaiki Sistem"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA