Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Feb 2019 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengapa Orang Jepang Begitu Disiplin?

Bona
detikTravel
Kota Hiroshima (Bonauli/detikTravel)
Kota Hiroshima (Bonauli/detikTravel)
Hiroshima - Orang Jepang sangat identik dengan budaya disiplinnya yang tinggi. Belajar dari orang Jepang, mereka dididik sangat keras sejak kecil.

Liburan ke Jepang, bukan cuma soal destinasi bagus tapi juga budaya. Salah satunya yang paling mencolok adalah budaya disiplin.

Mengobrol dengan pemandu tur Jepang yang pernah tinggal di Indonesia, Fumio Ito, mengaku bahwa kedisiplinan Jepang cukup keras. Dispilin dari segi apapun, seperti kebersihan, ketepatan waktu dan lainnya.

"Kami diajarkan disiplin sejak masih kecil. Caranya, orang tua ikut disiplin," ujar Ito, yang pernah tinggal di Indonesia selama 10 tahun.

Menurut Ito, orang tua adalah cermin bagi anak. Jika orang tuanya disiplin, maka anak akan disiplin. Itulah mengapa, budaya disiplin bisa sangat menonjol di Jepang.

Mengapa Orang Jepang Begitu Disiplin?Foto: (Bonauli/detikTravel)


Contoh kecilnya dari antre saat naik transportasi umum. Bagi traveler yang pernah melancong ke Jepang, lihatlah bagaimana teratur dan tertibnya orang jepang saat naik kereta. Hal seperti itu, sudah diajarkan sejak kecil.

"Dulu juga sebenarnya masih banyak yang tidak mau antre. Tapi dengan disiplin, dimulai dari anak-anak dan proses waktu, semuanya bisa antre," terang Ito.

BACA JUGA: Kebersihan Jepang (Lebih) Mendunia Lewat Piala Dunia 2018

Apalagi soal kebersihan, yang terkenal sebagai hal identik bagi Jepang. Jika tidak ada tempat sampah, cukup mudah kok. Simpan dulu sampai ketemu tempat buang sampah.

"Kita biasa simpan sampah dulu kok," ujar Ito.

(Bonauli/detikTravel)
Tanda dilarang buang sampah dan merokok (Bonauli/detikTravel)



Pun terhadap peraturan-peraturan. Ada tanda larangan merokok, maka dilarang merokok di situ. Bagi orang Jepang, melanggar aturan adalah suatu rasa malu.

Budaya antre Jepang (Bonauli/detikTravel)Budaya antre Jepang (Bonauli/detikTravel)

Kedisiplinan orang Jepang sudah dimulai sejak kecil. Sekali lagi, tidak hanya mengajarkan, tetapi peran orangtua menjadi penting untuk mencontohkannya.

Kalau habis liburan dari Jepang, semoga kita bisa belajar tentang kedisiplinannya dan diterapkan sehari-hari ya. Bisa kan? (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA