Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Jan 2021 11:17 WIB

TRAVEL NEWS

7 Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan, Lingkungan, dan Ekosistem

Puti Yasmin
detikTravel
Fresh Ribeye Steaks at the Butcher Shop
Foto: iStock/7 Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan, Lingkungan, dan Ekosistem
Jakarta -

Pemanasan global menjadi isu hangat belakangan ini. Sebab, dampak pemanasan global sangat buruk bagi lingkungan hingga ekosistem hingga mengancam kehidupan generasi muda.

Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata atmosfer bumi. Kondisi ini juga dikenal dengan nama global warming dan menyebabkan perubahan iklim di bumi selamanya.

Penyebab pemanasan global adalah berbagai aktivitas harian manusia yang melepaskan karbon dioksida hingga gas. Adapun, aktivitas yang dimaksud adalah pembakaran bahan bakar gas, hutan, hingga pendirian pabrik-pabrik.

Dampak Pemanasan Global terhadap Lingkungan:

  • 1. Wabah Penyakit

Dampak pemanasan global yang pertama adalah terjadinya wabah penyakit. Hal itu dikarenakan daya tahan tubuh manusia ikut menurun akibat kondisi bumi yang tidak seimbang.

  • 2. Mencairnya Es di Kutub

Dampak pemanasan global terhadap lingkungan adalah mencairnya es di kutub. Es yang mencair akibat suhu bumi yang meningkat membuat volume air di laut ikut meninggi dibanding sebelumnya.

  • 3. Kabut Asap

Global warming menyebabkan terjadinya kekeringan di banyak wilayah. Hal ini berisiko pada mudahnya terjadi kebakaran hutan. Akhirnya akan terjadi kabut asap yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

  • 4. Sulitnya Air Bersih

Pemanasan global menyebabkan air di dalam permukaan tanah mengalami penguapan. Akibatnya, air bersih akan sulit ditemukan dan digunakan oleh masyarakat.

  • 5. Rusaknya Terumbu Karang

Rusaknya terumbu karang menjadi dampak pemanasan global terhadap ekosistem. Pasalnya, lokasi tersebut merupakan tempat hidup para makhluk laut untuk bisa berkembang biak.

  • 6. Naiknya Permukaan Air Laut

Permukaan air laut yang meningkat diakibatkan dari mencairkan es di kutub akibat pemanasan global. Dengan meningkatnya air laut, akan ada banyak wilayah yang tergenang banjir dan pulau kecil menghilang.

  • 7. Meningkatnya Suhu Air Laut

Dampak pemanasan global bagi bumi yang terakhir adalah meningkatnya suhu air laut. Akibat berubahnya kondisi suhu air laut dapat menyebabkan ketidakseimbangan di dalam laut.



Simak Video "Siklon Seroja Bergerak ke Australia, Warga Pesisir Bersiap"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA