Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Jan 2021 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Wah, Begini Bentuk Ngarai Raksasa di Planet Mars

Nasa rilis foto ngarai di planet Mars
Foto: Ngarai raksasa di planet Mars (NASA)
Jakarta -

Grand Canyon di Amerika Serikat begitu megah dan mengagumkan. Tapi, ada ngarai raksasa di permukaan Mars yang ukurannya jauh lebih besar!

Dikutip dari slashgear oleh detikcom, NASA baru saja merilis gambar baru dari ngarai terbesar di tata surya. Ukurannya hampir 10 kali lipat lebih panjang dari Grand Canyon di Amerika Serikat dan tiga kali lebih dalam.

Dikenal sebagai Valles Marineris, ngarai tersebut begitu dalam. Luasnya membentang lebih dari 2.500 mil di sepanjang ekuator Mars. Sistem ngarai masif mencakup hampir 25 persen dari seluruh lingkar Mars.

Nasa rilis foto ngarai di planet MarsNasa rilis foto ngarai di planet Mars Foto: (NASA)

Gambar yang diambil NASA menggunakan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di atas Mars Recoinnaissance Orbiter. Misteri yang hingga kini belum terpecahkan adalah bagaimana sistem ngarai yang begitu besar tersebut terbentuk.

Di bumi, Grand Canyon terbentuk dari air yang mengalir selama miliaran tahun. Menurut NASA, Mars terlalu panas dan kering untuk memiliki sungai yang cukup besar. ESA mengatakan bahwa ada bukti bahwa air yang mengalir bisa memperdalam beberapa ngarai saluran ratusan juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan percaya bahwa sebagian besar ngarai kemungkinan besar retak dan terbuka miliaran tahun lalu, ketika gunung besar yang dikenal dengan nama Tharsis di dekatnya menonjol dari tanah.

Magma yang menggolak di bawah gunung besar, termasuk Olympus Mons bisa saja meregang dan merobek kerak bumi yang akhirnya runtuh ke palung dan lembah yang membentuk Valles Marineris saat ini. Bukti menunjukkan bahwa, sistem ngarai selanjutnya dibentuk oleh tanah longsor, aliran magma dan sungai kuno.



Simak Video "Kalau Wisata ke Planet Mars, Destinasinya Kemana Aja Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA