Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jan 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kreatifnya China Ubah Bekas Landasan Pacu Jadi Taman Cantik

Putu Intan
detikTravel
Xihui Runway Park
Xihui Runway Park. (Foto: dok. Sasaki)
Shanghai -

China membuat terobosan untuk memperluas ruang terbuka hijau. Caranya, memanfaatkan landasan pacu di tepi Sungai Xuhui.

Kesadaran akan pentingnya ruang terbuka hijau mulai meningkat di berbagai negara. Mereka pun berlomba-lomba membuat taman yang sejuk dan indah, lengkap dengan fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Pengadaan taman ini pun tak harus dengan membuka lahan baru. Misalnya yang baru-baru dilakukan China. Mereka memanfaatkan lahan bekas landasan pacu pesawat untuk dijadikan taman.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, taman ini dirancang oleh studio arsitektur Sasaki. Idenya adalah memanfaatkan landasan pacu Bandara Longhua yang terletak di tepi sungai Xuhui, Shanghai sebagai ruang bersantai bagi masyarakat.

Bandara Longhua sendiri merupakan bandara sipil satu-satunya di Shanghai. Bandara ini beroperasi mulai 1949 kemudian ditutup pada 2011.

Selama hampir satu dekade, landasan pacu itu terbengkalai. Landasan itu kemudian disulap menjadi Xihui Runway Park yang memiliki panjang 1.830 meter.

Konsep yang diusung Xihui Runway Park adalah landasan pacu yang berbasis kehidupan modern. Artinya, landasan pacu ini tetap dipertahankan sebagai bagian dari situs bandara tetapi kini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat istirahat dari kepadatan tinggi yang ada di sekitarnya.

Xihui Runway ParkXihui Runway Park. Foto: dok. Sasaki

Selain itu, taman ini juga menjadi wujud dari pembangunan yang berkelanjutan.

"Taman Landasan Pacu Xuhui adalah proyek revitalisasi perkotaan inovatif yang membawa angin kehidupan baru ke dalam bagian sejarah Shanghai," kata Direktur Sasaki Dou Zhang seperti dikutip dari Dezeen.

"Proyek ini berfungsi sebagai landasan kehidupan modern, menawarkan ruang rekreasi untuk komunitas terdekat," ujarnya.

Keunikan dari taman ini adalah, pengunjung dapat merasakan sisa-sisa suasana penerbangan di sana. Bangku taman didesain menyerupai bagian pesawat, tiang lampu seperti sayap pesawat, bahkan sampai daun-daun di pepohonan pun berbentuk pesawat.

Xihui Runway ParkXihui Runway Park. Foto: dok. Sasaki

Taman ini tak cuma indah tetapi juga didesain untuk dapat menampung limpasan air hujan dari daerah sekitarnya. Dengan demikian, air hujan yang tercemar dapat dibersihkan sehingga dapat digunakan kembali.

"Kualitas air adalah masalah besar yang menjadi perhatian di Kota Shanghai. Proyek ini menawarkan kepada kami kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya untuk menggunakan teknologi canggih untuk mengimbangi dampak negatif dari pembangunan," ia menjelaskan.

Di taman ini, masyarakat dapat berjalan santai dan bersepeda. Di sana juga terdapat taman bermain, tiga ai mancur, dan ruang terbuka yang dapat menampung 3.500 orang. Asyiknya lagi, siapapun boleh datang ke Xihui Runway Park tanpa dipungut biaya.



Simak Video "Objek Wisata Dibuka, Wisatawan Diminta Tunjukkan Bukti Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA