Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 07:04 WIB

TRAVEL NEWS

Ilustrasi Komik Tintin Saat Liputan di China Diperkirakan Capai Rp 34,3 M

Femi Diah
detikTravel
Komik Langka Tintin Dilelang di Paris
Ilustrasi sampul komik Tintin dihargai puluhan miliar. (AP/ Istimewa)
Paris -

Sebuah ilustrasi sampul buku komik Tintin, yang selama bertahun-tahun tersimpan di dalam laci, akan dijual di rumah lelang Paris. Diperkirakan, harganya mencapai lebih dari 2 juta euro atau setara dengan Rp 34,3 miliar.

Lukisan komik Tintin itu adalah karya ilustrator Belgia, Georges Remi, lebih dikenal dengan nama pena Herge. Dia penulis buku komik Tintin dan telah meninggal dunia pada tahun 1983.

Dikutip dari Reuters, Minggu (17/1/2021), rumah lelang Artcurial menyebut Herge menyerahkan lukisan itu untuk editornya sebagai sampul yang diusulkan untuk album Tintin "The Blue Lotus" sebelum Perang Dunia Kedua.

Dalam komik The Blue Lotus, Tintin melakukan perjalanan ke China selama invasi Jepang di 1931. Kedatangan Tintin ke China itu untuk menyelidiki dan mengabarkan kasus jaringan mata-mata Jepang, jaringan penyelundupan narkoba, dan kejahatan lainnya.

Soal ilustrasi itu, penerbit Herge menolaknya. Penerbit beralasan warna yang dipilih sebagai sampul The Blue lotus itu terlalu mahal untuk dicetak.

Gambar Herge yang berbeda digunakan untuk sampul komik Tintin The Blue Lotus. Herge kemudian menyerahkan ilustrasi yang ditolak itu sebagai hadiah untuk Jean-Louis Casterman, pewaris penerbit yang menerbitkan buku Tintin.

Ilustrasi itu disimpan oleh Casterman. Sampai kematiannya, dia menolak tawaran untuk menjual karya tersebut. Menurut Eric Leroy, ahli buku komik di Artcurial, Casterman bilang itu untuk menghargai hadiah yang sudah diterimanya dari Herge.

Karya tersebut belum pernah ditawarkan untuk dijual. Baru kali ini, ilustrasi tersebut akan ditampilkan di rumah lelang.

Perkiraan lelang ditetapkan antara 2,2 juta euro dan 2,8 juta euro.

Gambar menunjukkan reporter muda pemberani Tintin, dengan pakaian oriental dan diapit oleh anjingnya, Snowy, bersembunyi di vas. Ada lukisan naga merah juga di situ.

Ilustrasi yang direncanakan untuk sampul komik Tintin dengan tinta, cat air, dan kuas masih memiliki bekas lipatan. "Itu adalah barang terindah yang ada di pasaran di tangan pribadi," kata Leroy.



Simak Video "My Trip My Adventure: Sensasi Main Fliteboard Berkecepatan 40 Km/Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA