Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Jan 2021 09:10 WIB

TRAVEL NEWS

10 Makanan Khas Jawa Timur, Mana Favoritmu?

Femi Diah
detikTravel
Soto Ayam Lamongan
Soto ayam Lamongan, salah satu masakah khas Jawa Timur. (iStock)

5. Bakso Malang

Bakso Malang atau disebut bakwan Malang juga gampang banget dijumpai di Jawa Timur. Komposisi bakso Malang ini biasanya terdiri dari bakso halus, bakso urat, bakso goreng, bakwan rebus, pangsit goreng, dan tahu rebus.

Bakso MalangBakso Malang Foto: Instagram

Isian itu disajikan dengan kuah panas kaldu hasil rebusan tulang-tulang dan sumsum sapi. Biasanya, bakso Malang itu disajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang.

Di Malang, bakso President menjadi favorit traveler, juga bakso Pak Dukut di Kojen.

7. Bebek Goreng

Bebek goreng di Jatim memiliki beragam pilihan. Masing-masing kedai bakal memiliki kekhasan yang bikin traveler bisa plesiran lidah.

Salah satu bebek goreng yang menjadi primadona adalah bebek goreng Sinjay dari Madura. Bebek goreng ini disajikan dengan sambel mangga muda. Kini, cabangnya ada di jl A Yani Surabaya.

bebek palupi baratabebek palupi barata Foto: Detikfood

Bebek Palupi juga bisa menjadi pilihan traveler saat singgah di Surabaya. Kedai bebek Palupi ada di Jl Raya Rungkut Asri Tengah.

Kemudian, bebek Songkem Haji Ahmad di Rungkut, serta bebek Donal di Kedungdoro, Tegalsari dan bebek Pak Janggut di Ketabang. Traveler juga wajib mencicipi bebek purnama yang salah satu kedainya ada di Jl Dinoyo. Atau, traveler bisa mencicipi bebek tugu pahlawan.

8. Nasi Tempong

Nasi tempong merupakan makanan khas Jatim dari Banyuwangi. Komposisi nasi tempong berupa nasi dengan sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi sambal mentah.

nasi tempong indra balinasi tempong Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Nah, sambel inilah yang menjadi ciri khas dari makanan tradisional khas Banyuwangi itu. Traveler bisa menjajal nasi tempong Kebun Pak Likin di Pakis, Songgon, Banyuwangi, juga nasi tempong Mbok Wah di Glagah, nasi tempong Mbok Nah di jl Kolonel Sugiyono, dan nasi tempong Mbok Tien di jl Haji Thamrin, Banyuwangi.

9. Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan masakan khas Jatim dari Gresik. Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan srundeng serta lauk pauk lainnya. Nah, srundeng itulah yang menjadi asal nama krawu (kelapa).

nasi krawu untuk sarapannasi krawu Foto: Instagram

Biasanya sih nasi krawu dihidangkan di atas daun pisang serta dilengkapi dengan daging sapi, seperti semur daging, jeroan sapi, sambal terasi serta dilengkapi srundeng.

Kedai nasi krawu di Gresik bisa ditemui di nasi krawu Bu Timan di Dahanrejo, kemudian nasi krawu Mbak Su di Kebungson, serta depot nasi krawu Bu Rika di Bedilan.

10. Lodho Ayam

Lodho ayam merupakan makanan khas Jawa Timur dari Tulungagung. Lodho ayam merupakan masakan dari ayam kampung yang dibakar, kemudian dimasukkan ke dalam adonan santan kental yang pedas.

Traveler bisa memilih sajian lodho ayam dengan kuah encer dan yang kedua lodho kuah kental.

Ayam LodhoLodho ayam Foto: Adhar Muttaqin

Traveler yang plesiran ke Tulungagung bisa mampir ke kedai ayam lodho bu Sri. Lokasinya ada di Jl dr Sutomo, Karangwaru, kemudian ayam lodho Bu Yati yang berada di Karangwaru. Selain itu, traveler bisa mencicipi ayam lodho pak Yusuf di sebelah barat pasar Ngemplak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA