Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jan 2021 11:09 WIB

TRAVEL NEWS

Tur Virtual Desa Wisata, Solusi Bangkitkan Pariwisata di Masa Pandemi

Desa Wisata Cibuntu
Foto: Ilustrasi desa wisata (Tasya/detikcom)
Jakarta -

Saat pandemi, tur virtual begitu diminati oleh wisatawan. Dengan ini traveler juga bisa menjelajahi keindahan Indonesia seperti desa wisata tanpa perlu ke luar rumah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan platform yang bertujuan mempermudah berwisata menjelajahi Indonesia, Traval.co dan platform edukasi dan promosi terkait beberapa rekan tur operator Caventer mengadakan tur virtual ke 10 surga tersembunyi di Indonesia. Program ini dilakukan untuk mempromosikan daerah wisata yang belum banyak diketahui masyarakat.

"Acara virtual Indonesia surga yang tersembunyi bertujuan untuk memperkenalkan potensi-potensi yang luar biasa di luar dari 5 destinasi super prioritas yang selama ini belum banyak (dilihat)," kata CEO Traval.co, Julius Bramanto dalam Konferensi Pers Virtual Indonesia-Surga yang Tersembunyi, Rabu (27/1/2021).

Tur virtual dianggap menjadi solusi untuk mengangkat potensi yang ada di suatu daerah. Dikemas dalam bentuk storyline dan audio visual yang menarik tentu perjalanan ini akan diminati masyarakat.

"Kami melihat, dalam masa pandemi wisata mancanegara berkurang sangat drastis sedangkan wisata domestik bergeser jadi lokal atau hyper lokal dengan jarak yg cenderung dekat dan tidak memerlukan penerbangan," kata Julius.

Untuk itu, program ini menargetkan wisatawan yang berjarak tak jauh dari desa wisata. Agar nantinya mereka bisa berkunjung dan menikmati keindahan alam secara langsung.

"Dalam acara ini kami justru menyasar masyarakat-masyarakat yang tinggal tak jauh dari desa-desa dan kawasan yang kami tampilkan untuk datang dan berkunjung, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat, " katanya.

Harapannya, acara ini nantinya bisa menginspirasi anak muda dari daerah wisata lainnya untuk terus berinovasi dalam membangun daerahnya masing-masing. Mereka bisa menjadi ujung tombak dalam pemerataan pembangunan yang secara langsung dapat menyejahterakan seluruh stakeholdernya.



Simak Video "Desa Wisata RI Disebut Berpotensi Jadi Digital Nomad"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA