Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jan 2021 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Citilink Lama Diparkir tapi Perawatan Tidak Mangkir

Putu Intan
detikTravel
Citilink bersama BNN bekerja sama memerangi narkotika melalui kampanye terbaru yaitu pemasangan logo khusus di badan pesawat. Begini potretnya.
Pesawat Airbus A320 milik Citilink. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Pesawat Citilink sempat diparkir sekitar 3 bulan karena pandemi COVID-19. Namun perawatan pesawat terus berjalan untuk menghindari kerusakan.

Hal itu disampaikan VP Engineering & Maintenance PT Citilink Indonesia Azwar Anas kepada detikcom melalui zoom meeting beberapa waktu lalu. Ia menyebut Citilink tak absen dalam merawat pesawat yang diparkir dalam waktu lama karena aturan pembatasan penerbangan di masa pandemi COVID-19.

"Selama pesawat tidak digunakan, ada special maintenance, dan itu juga dibagi-bagi intervalnya. Ada yang tahap awal kita running semua engine (menyalakan seluruh mesin) termasuk hidroliknya. Setiap 7 hari, setiap 15 hari, dan setiap 30 hari ada maintenance yang harus dikerjakan," kata Anas.

Pada perawatan itu, teknisi juga mengecek kondisi baterai pesawat dan kelayakan perlengkapan darurat di pesawat.

"Setiap 15 hari kami memastikan emergency equipment-nya masih sesuai. Kita inspeksi pintu darurat apakah tekanan udaranya masih dalam batas atau tidak. Mesin juga kami nyalakan untuk memastikan tidak ada endapan hidrolik dan minyak yang menyebabkan korosi di sisi dalam engine," Anas menjelaskan.

Saat ini Citilink memiliki 51 armada pesawat jenis Airbus A320, 2 pesawat Airbus A330 NEO, 7 pesawat ATR, dan Boeing 737-500. Sebelumnya, Boeing sempat mengeluarkan peringatan kepada maskapai di seluruh dunia agar mengecek kondisi pesawat Boeing 737 yang lama diparkir untuk memastikan mesin tidak terkorosi.

Menanggapi hal tersebut, Anas mengatakan bahwa Citilink mematuhi imbauan itu. Maskapai Citilink juga terus menggunakan pesawat Boeing ini sehingga tidak lama terparkir.

"Pesawat Citilink 737 terbang terus tetapi kami tetap melaksanakan inspeksi tersebut," ujarnya.

Meskipun penerbangan domestik sudah kembali normal, Citilink rupanya masih memarkir sejumlah pesawatnya dan dilakukan proses perawatan. Terhitung ada 13 pesawat jenis Airbus A320 dan 1 pesawat ATR yang belum digunakan dalam penerbangan domestik.



Simak Video "Pesawat Lama Diparkir, Citilink Tetap Rutin Lakukan Perawatan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA