Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Feb 2021 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenparekraf Targetkan Ada 32 Juta Pekerja Parekraf di 2024

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Kemenparekraf menggenjot kuantitas SDM pariwisata menjadi hampir 20 juta di 2024. Selain itu lulusan pariwisata dari perguruan tinggi juga ditargetkan mencapai 2.200 di 2024.

Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2020 - 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan peningkatan jumlah tenaga kerja pariwisata dari 10 juta tenaga kerja di tahun 2020 menjadi 12 juta tenaga kerja di tahun 2024.

Ditambah jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif dari 17,25 juta tenaga kerja di tahun 2020 menjadi 19,9 juta tenaga kerja di tahun 2024. Sehingga jika ditotal, jumlah tenaga kerja parekraf menjadi nyaris 32 juta pekerja.

Dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, Kemenparekraf akan mewujudkannya melalui tiga strategi yang tertuang dalam Renstra tahun 2020-2024.

Pertama, optimasi kelembagaan maupun kurikulum pendidikan dan pelatihan vokasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua, meningkatkan sertifikasi kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif, dan yang ketiga melakukan penguatan komunitas dan kelembagaan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Politeknik Pariwisara (Poltekpar) kita ke depan harus dapat berkolaborasi dengan institusi pendidikan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dan juga perusahaan terbaik dunia, terutama perusahaan berbasis digital yang selama ini mungkin terkoneksi dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk kerja sama dengan desa-desa wisata, karena kita ingin membuka peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat, " kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara peluncuran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP), Senin (1/2/2021) siang di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Kemenparekraf menargetkan jumlah lulusan perguruan tinggi vokasi pariwisata terus meningkat tiap tahunnya. Tujuannya untuk menunjang keberlangsungan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Jumlah lulusan perguruan tinggi vokasi pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf ditargetkan mencapai 2.200 lulusan pada 2024. Jumlahnya meningkat dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 1.500 lulusan.

Lulusan ini diharapkan tak cuma unggul tetapi juga mampu menjadi wirausahawan muda, pemimpin mandiri, serta pegiat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan bekal ini, mereka diharapkan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, hingga 2045 Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan ekonomi nomor 4 atau 5 terbesar di dunia. Sudah selayaknya enam perguruan tinggi pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf dan institusi pariwisata di Indonesia pada umumnya untuk memiliki keunggulan-keunggulan kelas dunia.



Simak Video "Langgar Prokes Saat Libur Lebaran, Destinasi Wisata Akan Ditutup!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA