Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Feb 2021 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Shinkansen Tak Cuma Sekadar Kereta, tapi Juga Tempat Kerja

Shinkansen N700S
Foto: Ilustrasi Shinkansen (CNN)
Tokyo -

Kereta super cepat, Shinkansen kini tak cuma sekadar moda transportasi saja, tapi juga tengah dikaji untuk jadi tempat kerja jarak jauh bagi kaum nomad.

Japan Railway East atau JR East, salah satu operator kereta Shinkansen tengah menggodok dengan serius proyek percontohan untuk mengubah sejumlah gerbong kereta super cepat itu menjadi tempat bekerja untuk jarak jauh.

Proyek yang diluncurkan pada Senin (1/2) lalu itu itu diharapkan dapat meningkatkan lagi permintaan akan Shinkansen di tengah pandemi COVID-19.

Traveler yang naik kereta Tohoku Shinkansen dapat berbicara dengan telepon seluler dan melakukan telekonferensi dengan laptop di sebuah gerbong khusus. Model komunikasi seperti itu biasanya tidak disukai di dalam kereta peluru di Jepang, kecuali dilakukan di area yang ditentukan.

Perusahaan itu pun akan menyediakan teknologi peredam suara agar tidak ada percakapan yang bocor selama traveler berada di kereta. Selain itu, akan disediakan juga Wi-Fi gratis.

Dilansir detikTravel dari NHK, Kamis (4/2/2021), sejumlah kereta peluru Shinkansen akan menyediakan satu gerbong khusus bagi penumpang yang bekerja jarak jauh selama hari kerja hingga 26 Februari mendatang tanpa biaya tambahan.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, jumlah penumpang Shinkansen memang turun secara signifikan. Penurunan itu bisa sampai 60% pada bulan Desember lalu dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sebelum mengenalkan proyek Shinkansen sebagai tempat kerja jarak jauh, JR East sempat melakukan inovasi sebagai moda angkutan khusus untuk hasil laut. Mereka melakukan itu agar bisa bertahan selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Mereka mengangkut hasil seafood dari Kota Ishinomaki di Jepang timur laut menuju ke ibu kota Tokyo. Para nelayan mengatakan layanan baru itu jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan angkutan truk. Restoran di pusat kota Tokyo juga dapat memperoleh aneka seafood dengan kondisi yang lebih segar.

Di akhir bulan Agustus 2020, kereta Shinkansen Tohoku yang meluncur dari Sendai ke Tokyo kedapatan membawa sejumlah penumpang tak biasa yaitu hewan laut sea squirts, tiram dan produk laut lainnya yang memenuhi kursi penumpang di gerbong-gerbong yang biasanya dipadati wisatawan yang mau liburan musim panas.



Simak Video "Detik-detik Kereta Super Cepat Berhenti saat Gempa Melanda Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA