Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Feb 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pilot-pilot Kena PHK: Jadi Pengantar Barang dan Jualan Furnitur

Joe Townshend, pilot Thomas Cook kena PHK
Foto: Pilot Joe Townshend (dok. Istimewa)
London -

Banyak pilot kena PHK di tengah pandemi. Tak cuma di Asia, di Eropa pun sama. Mereka banyak yang beralih profesi, jadi pengantar barang hingga jualan furnitur.

Sebelumnya ada kisah tentang Patrick Pawelczak, mantan pilot maskapai Go2Sky dari Slowakia yang kini banting setir jadi tukang antar barang untuk Amazon dan juga jadi kuli bangunan untuk menyambung hidup.

Situasi yang sama juga tengah dihadapi oleh pilot-pilot lain yang bekerja untuk maskapai Eropa. Salah satunya yaitu Joe Townshend, salah satu kapten pilot termuda untuk maskapai Thomas Cook.

Joe yang kini berusia 33 tahun, sudah 11 tahun bekerja untuk maskapai Thomas Cook. Dia kehilangan pekerjaan sebagai pilot di akhir 2019 gara-gara perusahaan Thomas Cook kolaps dan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan.

Akhirnya, Joe pun berpindah maskapai ke Titan Airways pada Januari 2020. Tapi 3 bulan berselang, Joe kembali harus kehilangan pekerjaan karena pandemi COVID-19. Nasib kurang beruntung kembali menaungi Joe.

"Bagaimana ini bisa terjadi lagi? Pastinya setelah semua yang terjadi di Thomas Cook, saya tidak boleh kehilangan pekerjaan lagi dalam periode waktu yang sangat pendek," kata Joe, seperti dikutip dari Euronews, Kamis (4/2/2021)

Joe pun mulai bekerja sebagai pengantar barang untuk sebuah supermarket online. Dia mengambil pekerjaan itu demi menghidupi istri dan 2 orang anaknya yang masih berusia 4 tahun dan 1 tahun.

Namun Joe tidak ingin selamanya menjadi pengantar barang. Dia akhirnya mulai membuka bisnisnya sendiri, yaitu bisnis roasting kopi. Setelah 9 bulan persiapan, industri pemanggangan kopi miliknya yang bernama Altitude Coffee London pun buka.

Meski kini sibuk memanggang biji kopi bersama 3 karyawannya, namun Joe tetap ingin suatu saat nanti kembali terbang.

"Dunia penerbangan tetap jadi passion utama saya dalam hidup dan saya akan sangat senang bila dapat kesempatan untuk terbang lagi," pungkas Joe.

Selanjutnya --->> Dulu Pilot, Sekarang Jualan Furnitur

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA