Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Feb 2021 22:16 WIB

TRAVEL NEWS

Gerakan Jateng di Rumah Saja, TN Gunung Merbabu Tutup 3 Tempat Wisata

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Gunung Merbabu
Ilustrasi Gunung Merbabu (Gema Bayu Samudra/d'Traveler)
Boyolali -

Tiga lokasi wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu akan ditutup sementara dua hari pada akhir pekan ini. Penutupan itu mendukung Gerakan Jateng di rumah saja pada Sabtu dan Minggu (6-7/2/2021).

"Iya (tiga tempat wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu ditutup dua hari selama gerakan Jateng di rumah saja)," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, dikonfirmasi detikTravel, Jumat (5/2/2021).

Tiga tempat wisaya itu yakni Kopeng Treetop, Top Selfie dan Grenden. Dijelaskan Junita, tiga lokasi wisata itu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu yang saat ini telah dibuka melalui reaktivasi wisata, yaitu pengaturan jumlah pengunjung atau kuota dan kepatuhan protokol kesehatan. Sedangkan lokasi wisata lainnya termasuk 5 jalur pendakian Gunung Merbabu masih ditutup.

Namun, terkait dengan gerakan Jateng di rumah saja, BTNGMb memutuskan menutup sementara tiga tempat wisata di lereng Gunung Merbabu itu.

Penutupan tiga lokasi wisata tersebut tertuang dalam pengumuman dari BTNGMb nomor : PG.01/T.35/TU/TEK/02/2021 tentang penutupan lokasi reaktivasi wisata TN Gunung Merbabu pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap II di Jawa Tengah.

Disebutkan dalam pengumuman tersebut, pada point pertama disebutkan BTNGMb mendukung gerakan Jateng di rumah saja dalam rangka memutus transmisi dan menekan penyebaran COVID-19, dengan cara tinggal di rumah saja dan tidak melakukan aktivitas di luar lingkungan rumah pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6 dan 7 Februari 2021.

Maka, BTNGMb memutuskan untuk menutup tiga lokasi reaktivasi wisata Taman Nasional Gunung Merbabu selama dua hari tersebut.

Point 2 disebutkan, lokasi reaktivasi wisata Taman Nasional Gunung Merbabu adalah Kopeng Treetop, Top Selfie dan Grenden.

"Sehubungan dengan hal tersebut, lokasi reaktivasi wisata Taman Nasional Gunung Merbabu sebagaimana pada point 2 diatas ditutup pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6 dan 7 Februari 2021," bunyi point 3 dalam pengumuman tertanggal 3 Februari 2021.



Simak Video "Jateng di Rumah Saja Berlaku Akhir Pekan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA