Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Feb 2021 13:53 WIB

TRAVEL NEWS

Masjid Tertua di Dunia hingga Dubai yang Akhirnya Menyerah

Tim detikcom
detikTravel
Ditemukan salah satu masjid tertua di dunia di Israel utara, dari tahun 635, diyakini dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad
Foto: Salah satu masjid tertua di dunia (BBC Magazine)
Jakarta -

Salah satu masjid tertua di dunia ditemukan di Israel. Diyakini, masjid tersebut dibangun oleh Sahabat Nabi Muhammad SAW pada abad ke 7 M.

Masjid itu ditemukan di sebuah penggalian di Tiberias, Israel utara. Bentuknya memang sudah tidak utuh. Sisa-sisa reruntuhannya ditemukan di bawah bangunan lain di era Bizantium.

Dilansir dari Arab News, Sabtu (6/2/2021) para arkeolog yang melakukan penelitian mengatakan bahwa masjid ini dibangun pada masa penyebaran agama Islam di kawasan Levant pada tahun 635. Saat ini kawasan itu lebih dikenal sebagai wilayah Mediterania Timur dan Asia Barat.

Dalam penelitian itu dijelaskan bahwa masjid ini kemungkinan dibangun sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Syurahbil bin Hasanah. Ia merupakan seorang panglima perang yang menaklukkan wilayah Levant pada periode tersebut.

Masjid yang ditemukan berukuran 22 x 49 meter. Bentuknya kira-kira persegi empat dan memiliki halaman.

Masjid itu sendiri akhirnya ditemukan setelah dilakukan upaya penggalian selama 11 tahun yang dipimpin pakar arkeologi Islam, Katia Cytryn-Silverman dari The Hebrew University of Jerusalem.

Ada pula berita dari Dubai. Akibat lonjakan kasus infeksi baru, semua bar dan pub di Dubai akan ditutup selama bulan Februari.

Salah satu faktornya adalah adanya pelanggaran tindakan pencegahan yang dilakukan oleh wisatawan. Padahal, sebelumnya Dubai telah menarik banyak influencer dan seleb di medsos Inggris.

Berikut berita terpopuler detikTravel lengkapnya:



Simak Video "Rudal Israel Terekam Kamera di Langit Suriah "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA