Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Feb 2021 15:07 WIB

TRAVEL NEWS

Naik Kereta Sudah Bisa Pakai GeNose, Naik Pesawat Bagaimana?

Pemeriksaan GeNose 19 di stasiun kereta api
Tes GeNose di stasiun kereta Foto: dok. PT KAI
Jakarta -

Pengguna kereta sudah bisa menggunakan alat penyaringan (screening) Covid-19 buatan dalam negeri GeNose sebagai syarat perjalanan. Bagaimana dengan pesawat?

Mulai 5 Februari 2021 di dua stasiun KA yaitu Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu, Yogyakarta, GeNose sudah bisa digunakan. Sementara untuk terminal Kementerian Perhubungan memfasilitasi penyaringan (screening) Covid-19 menggunakan GeNose pada Minggu 8 Februari lalu

Merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19, pengecekan kesehatan bebas dari Covid-19 bagi para calon penumpang bus sifatnya adalah berupa imbauan (tidak wajib), tidak seperti halnya pada transportasi kereta api antar kota (jarak jauh) yang menjadi syarat wajib (mandatory) bagi para calon penumpangnya.

Namun untuk penumpang pesawat masih berlaku aturan Surat Edaran Nomor 10/2021 tentang kewajiban penumpang pada transportasi udara rute domestik.

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti 3M, calon penumpang juga wajib menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19, untuk tes RT-PCR berlaku 3x24 jam setelah surat keterangan dikeluarkan atau rapid test antigen yang berlaku 2 x 24 jam.

Khusus untuk penumpang tujuan Bali melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai wajib menyerahkan surat hasil negatif Covid -19, melalui RT-PCR yang berlaku 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam

Calon penumpang juga harus mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) sebelum penerbangan, yang dapat diakses melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia.

Sementara anak-anak umur 5 tahun ke bawah tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen atau PCR test.



Simak Video "Ingin Tes GeNose Saat Puasa Ramadhan Agar Hasilnya Akurat? Ini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/iah)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA