Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Subkelas Kereta Api dari Ekonomi Sampai Eksekutif

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi kereta api
Foto ilustrasi kereta api (PT KAI/Istimewa)
Jakarta -

Terdapat subkelas kereta api yang bisa dipilih saat memesan tiket. Selain harga, apalagi perbedaan subkelas kereta api ya?

Saat traveler melakukan pemesanan tiket kereta api, terdapat kelas-kelas yang bisa kita pilih dengan harga bervariasi. Agar tidak salah pilih kenali perebdaan subkelas kereta api.

detikcom telah merangkum nih, Sabtu (13/2/2021) perbedaan tiap subkelas pada kereta api.

1. Subkelas Kereta Api Ekonomi

Pada gerbong ekonomi kereta api, terdapat 106 kursi dan merupakan subkelas terbesar yang dimiliki PT KAI. Bisa dikatakan tiket kereta ekonomi adalah yang paling murah yang bisa dinikmati penumpang.

Selain bisa duduk di bangku, penumpang juga bisa menggunakan soket untuk mengisi daya ponsel atau perangkat elektronik. Tapi, dayanya terbatas ya dan pandai-pandailah menggunakannya.

Kerata Ekonomi Krakatau jurusan Merak, Pasar senen, Madiun PT KAI telah resmi beroperasi pada hari ini di Stasiun Merak, Banten. Kereta ini merupakan produksi PT INKA Madiun. Bagaimana kondisi dan rupa kereta ini, yuks kita lihat. File/detikFoto.Kerata Ekonomi Krakatau jurusan Merak, Pasar Senen (File/detikFoto.) Foto: Agung Pambudhy

Bangku di kelas ini berupa bangku tegak dilengkapi dengan busa yang tidak begitu tebal. So, saat memilih menggunakan gerbong ekonomi kereta api, traveler disarankan membawa bantal tambahan.

Apalagi, jika traveler memiliki masalah punggung. Traveler juga bisa sih menyewa bantal yang disediakan oleh kereta api.

2. Subkelas Kereta Api Ekonomi Premium

Subkelas kereta api untuk Ekonomi Premium tak jauh berbeda dengan subkelas ekonomi. Bedanya, kapasitasnya hanya mencapai 80 penumpang membuat ruang kaki lebih luas.

Sebanyak 6 rangkaian kereta buatan INKA akan digunakan sebagai angkutan tambahan saat mudik Lebaran. Begini penampakanya.Kereta ekonomi premium Foto: Pool

Bangkunya juga bisa direbahkan dan ada soket listrik dan AC demi kenyamanan. Tapi, pada gerbong kereta terbaru, kursinya senyaman kelas eksekutif dengan bangku individu, hanya saja jarak kursi satu dengan yang lain lebih sempit ketimbang kelas eksekutif.

3. Subkelas Kereta Api Bisnis

Pada subkelas bisnis memiliki bangku individu. Jadi, penumpang mendapat satu jatah kursi yang dilengkapi dengan batas bangku untuk meletakkan tangan. Satu bangku biasanya disusun dalam dua baris.

Kapasitasnya hanya 64 bangku, jadi terdapat sedikit ruang untuk meregangkan kaki. Bangku pada kelas bisnis tidak bisa direbahkan, tetapi bangku bisa diputar sesuka hati.

Jadi, traveler bisa duduk berhadap-hadapan dengan pasangan atau mengobrol dengan penumpang di sekitar bangku. Subclass ini dilengkapi dengan soket dan AC kok.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA