Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Feb 2021 07:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ssstt... Bocoran Pramugari: Meja dan Kantong di Bangku Pesawat Kotor Banget

Femi Diah
detikTravel
kru kabin, kabin pesawat
Ilustrasi kabin pesawat (Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura)
Jakarta -

Sejumlah pramugari membocorkan kebersihan di kabin pesawat. Rupanya, meja dan kantong di depan tempat duduk penumpang sangat kotor.

Bukan sekali ini pramugari memberikan bocoran soal kebersihan di pesawat. Di antaranya, saran agar penumpang memilih air minum kemasan ketimbang air panas yang dituang dari teko. Juga, tentang frekuensi bersih-bersih kabin pesawat yang ternyata sangat minim. Tapi, tergantung maskapainya juga, sih.

Belum lama ini, melalui Reddit, sejumlah pramugari membocorkan soal betapa kotornya area tempat duduk di pesawat.

"Mejanya kotor," kata salah satu awak kabin.

"Bahkan, saya tidak dapat mengingat berapa kali bayi ganti popok di sana, orang muntah di atas meja itu, juga ada yang berdarah di atas meja itu," pramugari menuliskan curhatannya dan dikutip Express dan dikutip detikTravel, Sabtu (20/2/2021).

"Meja-meja itu semestinya dibersihkan setiap malam, tapi saya sarankan sebaiknya tidak meletakkan makanan langsung ke atasnya. Tidak, tidak, tidak!" dia menambahkan.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, seorang pramugari merekomendasikan untuk membawa peralatan kebersihan sendiri. Di antaranya, dengan mengelapnya menggunakan tisu antibakteri atau membersihkan meja dengan apapun sebelum digunakan.

"Jika kalian terbang dalam jarak pendek, pastikan membawa tisu basah atau pembersih antibakteri," tulis seorang awak kabin.

"Banyak maskapai penerbangan akan meminta awak untuk menyisir lorong dan mengambil sampah, melipat sabuk pengaman, menyimpan majalah di saku kursi dan kemudian menyambut penumpang baru di pesawat," tulis pramugari lain.

"Di saat bersamaan, saya tidak bisa menghitung berapa kali saya memberi tahu penumpang betapa menjijikkannya mengganti baju atau popok bayi di atas meja atau di kursi," yang lain menimpali.

Awak kabin lain bahkan bilang bukan hanya meja yang harus diwaspadai penumpang. Kantong kursi pesawat tidak kalah horornya. Mereka menyarankan agar penumpang tidak pernah menggunakannya.

"Saya selalu merekomendasikan kalian untuk tidak, tidak, tidak pernah menggunakan saku di kursi pesawat," dia menuliskannya.

"Mereka memang dibersihkan dari sampah, namun tidak benar-benar dibersihkan. Saya sering melihat segala macam benda ditarik keluar dari sana," ujar yang lain.

"Tisu kotor, benda-benda P3K, celana dalam, kaus kaki, bahkan kaki, permen karet, permen hisap, atau biji apel. Kemudian, di penerbangan berikutnya kalian meletakkan ponsel, laptop, atau iPad di sana," ujar dia.



Simak Video "Boko Haram Rilis Video Tembak Jatuh Pesawat AU Nigeria"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA