Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Feb 2021 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jadi Landmark Mewah, Tagihan Listrik Istana Buckingham Capai Rp 21 Miliar!

Setiap Minggu pagi, kawasan Istana Buckingham di kawasan Westminster, London, Inggris selalu ramai dengan turis. Dulunya tempat ini merupakan rumah tinggal Ratu Victoria.
Istana Buckingham (Adhie Ichsan/detikTravel)
London -

Istana Buckingham menjadi salah satu landmark London yang populer didatangi wisatawan. Berdiri begitu megah, kira-kira berapa ya tagihan listriknya?

Buckingham dibangun pada tahun 1703 dan menjadi kediaman resmi dari keluarga kerajaan Britania Raya pada tahun 1837. Desain interiornya didominasi oleh hiasan yang berasal dari abad ke 19. Hingga kini pun masih banyak hiasan yang terpajang.

Menjadi rumah bagi Ratu Elizabeth II, Istana Buckingham memiliki ratusan ruangan yang mewah. Penggunaan listriknya pun pasti begitu besar.

Dikutip dari My London oleh detik Travel, Sabtu (20/2/2021), menurut perusahaan penerangan Smart Lighting, pembayaran listrik untuk Istana Buckingham per tahunnya diperkirakan mencapai £ 1,1 juta atau sekitar 21 M! Di gedung megah itu ada sekitar 40.000 lampu yang menerangi ruangan.

Tagihan sebesar itu pun menjadikan istana Buckingham sebagai landmark dengan tagihan penerangan termahal di Eropa. Harganya pun lebih mahal dari tagihan Menara Eiffel di Paris yang memiliki 20.000 lampu, diperkirakan biaya pengoperasian landmark ini mencapai £ 963.000 atau sekitar Rp 18,9 M.

Banyak pula ikon wisata dunia yang memerlukan biaya mahal untuk penerangannya. Menurut Smart Lighting, Empire State Building dengan 68 ribu lampu dengan biaya tahunan USD 12.918 atau sekitar Rp 168 M dan Burj Khalifa diperkirakan tagihan sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 14 Miliar.

Gedung yang juga memiliki tagihan yang mahal adalah Kastil Edinburgh yang diperkirakan seharga £ 103.000 atau sekitar Rp 1,7 T. Lalu Menara Blackpool dengan harga sebesar £ 90.468 atau Rp 1,5 T.

Namun, landmark dengan tagihan termahal di dunia dimiliki oleh Las Vegas Strip, yaitu mencapai £ 350,4 juta atau sekitar Rp 6,9 T! Tapi, tagihan penerangan di rumah Ratu memang terkenal sangat besar jika dibandingkan dengan atraksi lain di Inggris.



Simak Video "Kembalinya Tradisi Upacara Pergantian Penjaga di Istana Buckingham"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA