Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Feb 2021 17:03 WIB

TRAVEL NEWS

Melihat Kontes Reptil di Maros, Harganya Ada yang Rp 80 Juta!

Moehammad Bakrie
detikTravel
Kontes hewan reptil di Maros
Kontes hewan reptil di Maros (Foto: Moehammad Bakrie/detikcom)
Maros -

Ratusan ekor reptil dari berbagai jenis mengikuti kontes hewan di Maros, Sulawesi Selatan. Inilah kontes pertama yang digelar oleh Komunitas Pecinta Hewan Maros (KPHM).

"Ini pertama kalinya digelar di Maros dan antusias peserta sangat tinggi. Pesertanya banyak juga dari luar Sulawesi seperti Jakarta dan Bali," kata ketua Panitia, Putra, Minggu (21/02/2021).

Dalam kontes itu, panitia melombakan 16 kategori. Mulai dari leopard, salvator, colubrid, retic Sulawesi hingga Lizard. Sejumlah reptil yang ikut itu pun memiliki keunikan tersendiri seperti warna dan ukurannya.

"Ada 16 kategori yang kita lombakan dan hampir dari semua jenis dari reptil. Keunikannya tentunya masing-masing yah, karena tergantung penilaian juri," lanjutnya.

Selain keunikan bentuk warna dan karakternya, beberapa ekor reptil yang ikut dalam kontes hewan itu pun memiliki harga yang cukup fantastis. Contoh, reptil jenis leaser antilen yang harganya mencapai Rp 80 juta.

Kontes hewan reptil di MarosKontes hewan reptil di Maros (Foto: Moehammad Bakrie/detikcom)

"Yang paling mahal ada Rp 80 juta. Tapi yang kita nilai di sini bukan harganya, tapi kemulusan, karakter dan tentunya kesehatannya," terangnya.

Selain ajang silaturahmi, kontes reptil itu sengaja digelar juga sebagai ajang edukasi ke sesama pecinta reptil. Bagi para peserta, kontes ini dimanfaatkan untuk saling berbagi ilmu dalam merawat reptil.

"Kalau untuk kontes, saya baru kali ini ikut. Kalau kecintaan pada reptil sendiri sudah lama sekali. Bukan karena cari juara, tapi di sini kita saling berbagi ilmu dan silaturahmi," kata seorang peserta asal Barru, Rezki Perdana.

Karena masih dalam masa pandemi, seluruh peserta kontes hewan reptil yang hadir wajib menunjukkan hasil rapid test antigen ke panitia. Penyelenggara juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat.



Simak Video "Ratusan Reptil Ikut Kontes Hewan di Maros"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA