Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 14:04 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Temui Ridwan Kamil, Bahas Pembangunan KEK Lido

Yudha Maulana
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno menemui Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Senin (22/2/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno menemui Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Senin (22/2/2022). Foto: dok. Kemenparekraf
Bandung -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal berkolaborasi untuk mengembangkan potensi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor.

Sandiaga menemui Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Senin (22/2/2021) sore. Pertemuan itu untuk menindaklanjuti pembahasan mengenai KEK 19 Januari.

"Kami akan meninjau lokasi KEK Lido pada Maret mendatang untuk memastikan perkembangan proyek itu berjalan lancar. KEK pariwisata Lido telah diresmikan dan pembangunan Movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai," ujar Sandiaga dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (23/2/2021).

Tak sampai di sana, Sandiaga Uno pun menerima usulan program kolaborasi dari Pemprov Jabar. Salah satunya, pemanfaatan lahan milik BUMN untuk dikelola petani milenial yang menargetkan terciptanya 500 ribu lapangan kerja baru.

"Jadi itu langkah kolaborasi kita dan mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja dan memberikan kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap hasil dari pertemuan itu bisa segera terealisasi untuk memulihkan ekonomi melalui industri pariwisata.

"Mudah-mudahan didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap," Kang Emil menjelaskan.

Di tempat yang sama, Kadisparbud Jabar Dedi Taufik menjelaskan bahwa beberapa pembahasan antara Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno menyangkut program pariwisata tipe 1 sampai tipe 3. Setelah berhasil mendorong KEK di Lido, berikutnya adalah Cikidang.

Rencana selanjutnya adalah membahas pengembangan destinasi wisata yang didukung oleh Kemenparekraf dan Kementerian PUPR.

"Dari sisi promosi, Pak Sandiaga Uno sendiri mengaku akan datang dalam lima agenda event yang digagas Pemprov Jabar. Ini juga kan upaya penting untuk meningkatkan pasar domestik," katanya.

Seperti diketahui, KEK Lido akan menjadi lokomotif ekonomi baru di Jabar di masa pandemi COVID-19. KEK Lido adalah KEK pariwisata dengan rencana bisnis pengembangan taman hiburan kelas dunia, hotel, lapangan golf serta fasilitas pengembangan ekonomi kreatif.



Simak Video "Sandiaga ke Desa Wisata Sukabumi, Emak-emak: Bapak Harus Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA