Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Feb 2021 16:42 WIB

TRAVEL NEWS

6 Keunikan Rumah Joglo yang Penuh Filosofi Khas Jawa

Aneka Rumah Joglo berusia ratusan tahun di Dago Dreampark, Bandung
Foto: Wisma Putra/detikTravel/6 Keunikan Rumah Joglo yang Penuh Filosofi Khas Jawa
Jakarta -

Salah satu rumah adat Jawa Tengah yang paling dikenal adalah Rumah Joglo. Tak hanya indah dan filosofis, keunikan rumah Joglo menjadi daya tarik tersendiri.

Joglo berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang artinya dua gunung. Dua gunung ini dapat dilihat dari bentuk atap rumah Joglo. Namun dalam perkembangannya, penyebutan kata Juglo berubah menjadi Joglo seperti yang Detikers kenal sekarang.

Rumah Joglo adalah rumah tradisional yang memiliki material utama dari kayu jati. Biasanya Joglo dibangun oleh masyarakat dengan status sosial tinggi seperti kalangan bangsawan atau kerajaan, karena membutuhkan biaya yang besar.

Namun seiring berjalannya waktu, sekarang rumah Joglo bisa dibangun oleh berbagai kalangan dan sering digunakan pada gedung pemerintahan atau perkantoran.

Awalnya rumah Joglo berbentuk bujur sangkar, namun terus berkembang mengalami perubahan dengan penambahan-penambahan ruangan. Akhirnya penambahan itu menjadi berbagai tipe rumah Joglo yang baru, seperti Joglo Jompongan, Joglo Ceblokan, Joglo Pengrawit, Joglo Mangkurat, dan lain-lain.

Lalu, apa saja hal unik dari rumah Joglo? Berikut 6 keunikan rumah Joglo dilansir situs Kemendikbud:

1. Arsitektur dan Atap Bangunan Unik

Rumah Joglo dilihat dari atapnya terlihat unik. Karena ada 4 tiang di tengah rumah yang berukuran lebih tinggi untuk menopang atap.

Keempat tiang ini disebut dengan soko guru. Filosofi dari keempat tiang adalah gambaran kekuatan dari empat penjuru mata angin. Oleh karena itu, masyarakat meyakini bahwa berlindung di Rumah Joglo dapat menghindari bencana.

Bahan yang digunakan untuk membuat atap biasanya terbuat dari genting tanah. Namun sebelum memakai genting, atap rumah Joglo dibuat dari alang-alang anyaman. Bahan asli dari alam ini membuat rumah Joglo terasa dingin dan sejuk.

Sementara, berbagai ruangan di dalam rumah juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bangunan rumah Joglo juga menerapkan nilai filosofi Jawa di setiap bagiannya.

2. Pintu Utama di Tengah Rumah

Selanjutnya, bagian unik lain di rumah Joglo adalah bagian pintu. Pintu rumah Joglo berjumlah tiga, yaitu pintu utama di tengah, dan pintu lainnya di kedua sisi (kanan dan kiri) bawah.

Tata letak pintu ini melambangkan kupu-kupu yang sedang berkembang dan berjuang di dalam sebuah keluarga besar. Selain itu, filosofi dari pintu rumah yang ada di tengah adalah keterbukaan dan kedekatan antara penghuni rumah dengan tamu.

3. Memiliki Teras Luas

Keunikan rumah Joglo lainnya adalah teras dengan ukuran yang cukup luas. Teras yang luas ini memiliki fungsi tersendiri, sama seperti rumah adat Jawa Tengah lainnya. Fungsi teras yang luas untuk melakukan interaksi sosial seperti silaturahmi antara penghuni rumah dengan masyarakat lain.

Keunikan Rumah Joglo yang Penuh Filosofi Khas Jawa selanjutnya dapat diklik di sini

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA