Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mar 2021 13:47 WIB

TRAVEL NEWS

Kereta Pompeii, Transportasi Masa Lalu yang Menakjubkan

rkeolog Italia menemukan kereta upacara Romawi kuno di sebuah villa dekat Pompeii, kota yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada 79 Masehi.
Foto: Kereta romawi kuno (AFP)
Pompeii, Napoli, Italia -

Arkeolog Italia menemukan kereta upacara Romawi kuno di sebuah villa dekat Pompeii, kota yang terkubur karena letusan gunung berapi pada 79 Masehi. Diperkirakan usianya mencapai 2.000 tahun

Mengutip Aljazeera, sebuah kereta roda empat kuno ditemukan dalam keadaan hampir utuh. Kendaraan tua yang terbuat dari besi, perunggu, dan timah itu berada di dekat sebuah vila kuno di Civita Giuliana, sekitar 700 meter di utara tembok Pompeii Kuno.

rkeolog Italia menemukan kereta upacara Romawi kuno di sebuah villa dekat Pompeii, kota yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada 79 Masehi.Arkeolog Italia menemukan kereta upacara Romawi kuno di sebuah villa dekat Pompeii, kota yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada 79 Masehi. Foto: (AFP)

Direktur Taman Arkeologi Pompeii, Massimo Osanna mengungkap bahwa kereta tersebut merupakan pertama dari jenisnya yang ditemukan di daerah itu. Sebelumnya memang ada penemuan kereta, namun hanya berfungsi sebagai transportasi, bukan untuk upacara

"Ini merupakan penemuan yang luar biasa untuk kemajuan pengetahuan kita tentang dunia kuno," kata Massimo Osanna.

"Di Pompeii, kendaraan yang digunakan untuk transportasi di masa lalu telah ditemukan, seperti milik House of Meander atau dua kereta yang ditemukan di Villa Arianna, tetapi tak ada yang seperti kereta Civira Giuliana." tambahnya.

Pada tahun 79 Masehi, letusan Gunung Vesuvius menghancurkan kota Pompeii. Namun, kereta tersebut terhindar saat dinding dan atap bangunan runtuh. Selain itu, kereta juga selamat dari penjarahan oleh pencuri barang antik zaman modern yang menggali terowongan.

Unsur besi pertama kereta ditemukan pada 7 Januari 2021 dari material vulkanik. Beberapa minggu kemudian, seluruh kereta terungkap. Ajaibnya keadaannya hampir utuh.

Arkeolog pun mempercayai bahwa penggunaan kereta tersebut adalah untuk seremonial seperti, perayaan dan parade atau kemungkinan juga membawa pengantin wanita ke rumah barunya.

Pompeii merupakan rumah dari 13.000 orang yang terkubur di bawah abu, kerikil baru apung dan debu akibat letusan gunung yang setara dengan bom atom. Sekitar dua pertiga dari kota kuno seluas 66 hektar telah ditemukan.

"Pompeii terus membuat kami takjub dengan penemuannya dan itu akan terjadi selama bertahun-tahun. 20 hektar masih harus digali," kata Menteri Kebudayaan Italia, Dario Franceschini.



Simak Video "Kedai Makanan Berumur 2.000 Tahun Ditemukan di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA