Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Mar 2021 14:51 WIB

TRAVEL NEWS

KAI Daop 6 Tambah Perjalanan Kereta Api, Catat Jadwalnya

Petugas memeriksan kondisi kereta api Serayu sebelum berangkat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (12/6/2020). PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta jarak jauh reguler per hari ini. Kereta jarak jauh yang kembali beroperasi yaitu kereta Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto berangkat pukul 09.15. Dalam pantauan detikcom tidak ada penumpang dari pasar senen yang berangkat hari ini.
Foto: KAI (Agung Pambudhy)
Yogyakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menambah beberapa perjalanan KA selama long weekend atau libur panjang pekan ini. KAI menambah 9 perjalanan tambahan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto mengatakan beberapa KA unggulan Daop 6 Yogyakarta yang akan kembali dijalankan antara lain KA Taksaka (Yogyakarta - Gambir), KA Argo Lawu Fakultatif (Solobalapan-Gambir), KA Senja Utama Yogyakarta (Yogyakarta-Pasarsenen), KA Senja Utama Solo (Solobalapan-Pasarsenen). Selanjutnya ada pula KA Progo (Lempuyangan-Pasarsenen), KA Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng) dan KA Mutiara Timur (Yogyakarta-Ketapang).

"Pada perjalannya, beberapa KA tersebut untuk sementara hanya beroperasi pada tanggal-tanggal tertentu sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan," ucapnya melalui keterangan tertulis, Selasa (9/3/2021).

Berikut jadwal keberangkatan KA Tambahan, baik keberangkatan Daop 6 Yogyakarta maupun dari Daop lain:


- KA Taksaka Pagi dijalankan pada 11 Maret 2021 relasi Yogyakarta - Gambir
- KA Taksaka Malam dijalankan pada 10 & 14 Maret 2021 relasi Yogyakarta - Gambir
- KA Argo Lawu Fakultatif dijalankan pada 14 Maret 2021 relasi Solobalapan - Gambir
- KA Senja Utama Yogya dijalankan pada 14 Maret 2021 relasi Yogyakarta - Pasarsenen
- KA Senja Utama Solo dijalankan pada 14 Maret 2021 relasi Solobalapan - Pasarsenen.
- KA Progo dijalankan pada 14 Maret 2021 relasi Lempuyangan - Pasarsenen.
- KA Sancaka dijalankan pada 12 & 14 Maret 2021 relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng.
- KA Mutiara Timur dijalankan pada dijalankan pada 10 & 14 Maret 2021 relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng - Ketapang.
- KA Kertanegara, dijalankan pada 10 & 14 maret 2021, relasi Purwokerto - Yogyakarta - Malang.

"Pengoperasian kembali KA ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran COVID-19 melalui transportasi kereta api," katanya.

Untuk jadwal perjalanan serta tiket KA tersebut, dapat dilihat dan dipesan melalui aplikasi KAI Access. Sedangkan untuk penjualan tiket, KAI masih menerapkan penjualan tiket maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Selain itu, setiap individu yang melaksanakan perjalanan dengan kereta api, tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan. Sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh juga diwajibkan menunjukan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun masa berlaku hasil test PCR/GeNose C19/rapid test antigen khususnya untuk keberangkatan:
1. Tgl 11 Maret 2021 (Isra Mi'raj)
2. Tgl 14 Maret 2021 (Hari Raya Nyepi) 1x24 jam dari tanggal pemeriksaan. Sedangkan untuk hari lainnya, berlaku 3 x 24 jam. Hal itu sesuai SE no.7 Tahun 2021 Satgas Covid C19 dan SE no. 20 Tahun 2021 Kementrian Perhubungan

"KAI Daop 6 Yogyakarta menyiapkan lokasi pemeriksaan Rapid-test antigen khusus pelanggan KA jarak jauh di stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solobalapan dengan tarif Rp 105 ribu. Sedangkan pemeriksaan GeNose disediakan di stasiun Yogyakarta dan Solobalapan dengan tarif Rp 20 ribu," ujarnya.



Simak Video " PT KAI: Daop I Belum Gunakan Rapid Test Antigen"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA