Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Mar 2021 17:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tren Paspor Vaksin, Calon Penumpang AirAsia Harus Punya?

Bonauli
detikTravel
AirAsia Hentikan Penerbangan Darwin-Bali Mulai 28 Januari 2018
AirAsia (Australia Plus ABC)
Jakarta -

Vaksin mulai diterapkan di Indonesia. Seperti maskapai di negara-negara tetangga, AirAsia pun menyambut baik vaksinasi.

Pandemi virus Corona menjadi tantangan untuk semua pihak termasuk maskapai. Di era new normal ini, ada begitu banyak kebijakan yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Vaksin pun disebut-sebut sebagai salah satu jalan keluar.

"AirAsia sudah mulai vaksinasi, masih kecil sih jumlahnya belum semua," ujar Veranita Yosephine Sinaga, direktur utama AirAsia Indonesia kepada detikTravel.

Indonesia sudah memasuki tahap kedua vaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksin sudah dijadwal dan masih berjalan.

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan UEA, maskapai-maskapainya mewajibkan vaksin untuk semua pegawai. Bagaimana dengan AirAsia sendiri.

"AirAsia tentu mau kalau semua staff divaksin, itukan mandat negara," ujar dia.

Vera menambahkan bahwa AirAsia hanya akan mengikuti apa yang jadi mandat dari Presiden Jokowi. AirAsia akan memastikan bahwa pelaksanaannya sesuai dengan arahan negara.

"Kalau kita berambisi semuanya tetap 100 persen vaksin ya," tutur Vera.

Bicara vaksin pasti tak melewatkan paspor vaksin yang kini sedang jadi perbincangan hangat. Australia dan New Zealand saja sudah dalam tahap uji coba. Denmark bahkan mengklaim negaranya jadi yang pertama melakukannya.

AirAsia sendiri masih tetap kukuh untuk mengikuti apa yang jadi arahan negara. Memang aba-aba paspor vaksin belum jadi kewajiban untuk Indonesia.

"Tentunya paspor vaksin itu bagaimana arahan dari pemerintah karena sekarang ini sudah mulai diimplementasikan oleh negara. Tapi kita harus terus berkoordinasi dengan departemen perhubungan terutama untuk internasional ya, berkaitan dengan kebijakan dari negara di luar Indonesia," katanya.

"Kalau AirAsia sendiri ingin paspor vaksin, karena itu memberikan kesempatan untuk kita untuk kesempatan yang lebih cepat maksimal," tutupnya.



Simak Video "Beredar Video CEO AirAsia Maki Karyawan Wanita saat Meeting"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA