Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Mar 2021 11:02 WIB

TRAVEL NEWS

Nonton Bioskop Bakal Tes Genose Juga?

Tim detikcom
detikTravel
Sejumlah bioskop di Jakarta tetap buka bahkan dengan kelonggaran operasional dan kapasitas maksimal 50% dari sebelumnya hanya 25%. Nyatanya, masih sepi.
Ilustrasi bioskop (Eduardo Simorangkir)
Jakarta -

Setelah setahun berlalu, akhirnya bioskop di beberapa tempat sudah mulai buka. Rencananya nonton bioskop juga akan menerapkan prokes tes Genose.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah akan menyediakan sistem pemeriksaan Covid-19 melalui tiupan napas atau GeNose di gedung-gedung bioskop.

Untuk pengamanan bioskop nanti akan dipasang GeNose untuk gedung-gedung bioskop. Soal teknisnya masih akan dibicarakan dengan Pak Menparekraf (Sandiaga Uno)," kata Muhadjir.

Muhadjir memastikan, penerapan GeNose ini dilakukan demi menjamin keamanan penikmat film agar tidak ragu pergi ke bioskop dan kembali menikmati film produksi sineas tanah air.

"Maksud kita agar masyarakat bisa segera percaya diri, aman untuk ke gedung bioskop. Sehingga industri perfilman juga para artis, awak perfilman bisa bekerja lebih aman, lebih nyaman, sehingga produksi kita bisa lebih lancar seperti sedia kala," kata dia.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro diperpanjang mulai 9 Maret hingga 22 Maret 2021. Selama PPKM Mikro di DKI, bioskop boleh beroperasi, bahkan diberi kelonggaran dalam operasionalnya.

Pertama, bioskop boleh beroperasi dengan kapasitas pengunjung maksimal 50%, dari sebelumnya dibatasi hanya 25%. Jam penayangan film terakhir juga dilonggarkan menjadi pukul 19.30 WIB, dari sebelumnya 19.00 WIB.

Di bioskop XXI Mal Taman Anggrek, pengunjung diwajibkan memeriksa suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk. Lalu, pembelian tiket hanya menggunakan alat pembayaran non tunai. Lalu, jarak kursi penonton dalam teater ialah satu kursi.

Sementara itu, di bioskop CGG Grand Indonesia, pengunjung diwajibkan mengisi data diri dengan memindai QR code sebelum masuk ke bioskop. Lalu, pembelian tiket bisa melalui layanan mandiri (self service), atau di loket dengan pembayaran non tunai.

Di bioskop CGV, penonton sudah diizinkan makan/minum di dalam studio. Jarak kursi penonton juga sama, yakni 1 kursi.

Baik di bioskop XXI Taman Anggrek maupun CGV Grand Indonesia, petugas menggunakan masker dan face shield. Pengunjung juga diwajibkan tetap menggunakan masker di area bioskop.



Simak Video "Pencipta Beberkan Data Penggunaan dan Kualitas GeNose"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA