Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Mar 2021 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sayang Sekali, Kapal Selam Rusia Era Perang Dingin Terbakar Hebat

Kapal Selam Juliett 484 kebakaran
Foto: Kapal selam Rusia kebakaran (AP)
Providence -

Kapal selam Rusia yang digunakan semasa Perang Dingin mengalami kebakaran hebat. Kapal selam yang pernah digunakan syuting Harrison Ford ini tinggal puing saja.

Kapal selam tersebut selama ini diparkir di kota Providence, Amerika Serikat. Kebakaran di kapal selam tersebut terjadi pada Selasa (9/3) kemarin.

Penyebab kebakaran itu ditengarai karena tindakan ceroboh para pekerja yang hendak memotong kapal selam itu jadi potongan besi tua. Mereka menggunakan obor api saat melakukan pemotongan itu.

Tak disangka api membesar dan melahap semuanya. Asap hitam pun membumbung tinggi ke angkasa saat kebakaran itu terjadi. Kebakaran itu terjadi pada pukul 09.30 waktu setempat.

Beruntung tidak ada korban luka maupun korban jiwa dari kebakaran itu. Petugas pemadam kebakaran dengan cepat mampu mengendalikan api sebelum sempat melebar kemana-mana.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (11/3/2021), kapal selam yang terbakar itu diketahui bernama Juliett 484. Kapal selam itu merupakan buatan Rusia dan digunakan di masa perang dingin melawan AS.

Setelah perang dingin selesai, kapal selam itu pun dijual ke publik. Kapal selam itu sempat digunakan sebagai restoran dan bar vodka di Helsinki, Finlandia.

Kapal selam ini pun pernah jadi tempat syuting salah satu film yang dibintangi aktor kawakan Harrison Ford. Film Ford yang bertajuk K-19: TheWidowmaker diambil gambarnya di kapal selam ini.

Kapal selam Rusia ini bisa berakhir di kota Providence, Amerika Serikat karena dibeli oleh Yayasan Museum USS Saratoga. Kapal selam itu pun sempat digunakan sebagai museum terapung pada tahun 2002.

Namun sekarang, kapal selam itu tinggal kenangan. Sejak kebakaran terjadi, kapal selam bersejarah ini hanya tinggal puing-puingnya saja.



Simak Video "Kesal Proyek Kapal Selam Batal, Prancis Tarik Dubes AS-Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA