Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Mar 2021 12:22 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Pekerja Wisata di 10 Daerah Ini Bisa Dapat Vaksin Gratis

Vaksinasi COVID-19 tahap kedua untuk atlet dilakukan di Rumah Sakit Olahraga Nasional, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (12/3). Vaksinasi untuk atlet dan pelatih ini dilakukan secara bertahap.
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: DEDY ISTANTO)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno tengah menggalakkan program vaksinasi bagi pekerja wisata. Mulai dilakukan di 10 daerah ini.

Lewat keterangan pers yang diterima detikTravel, Jumat (12/3/2021), ALODOKTER berkolaborasi dengan Homecare24, Medithru, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) resmi meluncurkan program kolaborasi vaksinasi gratis bagi masyarakat lansia.

Adapun layanan ini diberikan juga kepada pekerja wisata di 10 kota di Indonesia secara drive-thru. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi pemerintah sehingga Indonesia dapat segera pulih dari pandemi.

Adapun 10 wilayah yang dituju oleh program ini di antaranya Jakarta, Parapat, Magelang, Yogyakarta dan wilayah lain yang sedang dijadwalkan.
Pemilihan wilayah dilakukan secara rembuk berdasarkan data jumlah lansia serta pekerja wisata terbanyak yang dapat dijangkau dengan efektif serta efisien.

Vaksinasi akan dilakukan secara drive-thru guna menghindarkan kerumunan serta terjaganya pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat. Buat janji jadwal vaksinasi gratis ini dapat mulai dilakukan tanggal 10 Maret 2021 di aplikasi ALODOKTER.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kanan) didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (ketiga kanan) berbincang dengan pekerja sektor pariwisata yang akan menjalani vaksinasi COVID-19 di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (27/2/2021). Vaksinasi COVID-19 kepada pekerja sektor pariwisata yang dimulai di Provinsi Bali tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus sebagai salah satu upaya memulihkan sektor pariwisata. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.Ilustrasi pekerja wisata Bali yang mulai divaksinasi (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan vaksinasi ini diharapkan dapat segera memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap berwisata sesegera mungkin tanpa mengesampingkan protokol kesehatan ketat.

"Vaksin jelas adalah salah satu solusi terbaik. Saya berharap kemitraan ini akan membantu pemerintah melakukan proses monitoring dan evaluasi, sehingga pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bisa berlangsung secara efektif, efisien, dan tepat sasaran." Ujarnya dalam keterangan resminya.

Sebagai informasi, bagi lansia yang hendak mengikuti program ini peserta harus berumur di atas 60 tahun dapat menunjukkan KTP domisili wilayah titik vaksinasi dan sekitarnya.

Sementara bagi pekerja wisata, diwajibkan untuk menunjukkan identitas kartu pekerja wisata ketika melakukan pendaftaran pada applikasi ALODOKTER diikuti dengan mengisi informasi yang dibutuhkan. Konfirmasi vaksinasi secara drive-thru akan dikirimkan via email dan Whatsapp.

Pendaftaran drive-thru vaksin COVID-19 gratis ini dapat dilakukan melalui aplikasi ALODOKTER yang telah tersedia di playstore and appstore.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA