Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Mar 2021 12:06 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang MotoGP 2021, Lombok Tengah Luncurkan Platform Go Mandalika

Putu Intan
detikTravel
Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memulai pengaspalan pertama lintasan Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika.
Sirkuit MotoGP Mandalika. Foto: Dok. ITDC
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah meluncurkan platform digital untuk pariwisata bernama Go Mandalika. Platform ini berisi informasi dan menjadi wadah promosi UMKM.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi dalam acara peluncuran Go Mandalika, Senin (15/3/2021). Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa Go Mandalika dibentuk untuk mendukung penetapan kawasan itu sebagai destinasi super prioritas dan juga menunjang pelaksanaan MotoGP.

"Nama Go Mandalika memiliki muatan branding image karena Mandalika sudah menjadi destinasi superprioritas. Mandalika menjadi destinasi yang dikenal di dalam dan luar negeri. Mandalika mampu menjadi destinasi terdepan dan tujuan utama berwisata," katanya melalui siaran Youtube.

Konsep yang diusung situs Go Mandalika adalah majalah online. Majalah ini dapat diakses siapa saja secara gratis dan juga menerima kontribusi konten dari masyarakat.

"Go Mandalika memberikan kesempatan pengunjung untuk berkontribusi baik dalam bentuk artikel, foto, video, dan lain-lain. Seluruh artikel, foto, dan video bersifat open license sehingga dapat digunakan dan diproduksi ulang oleh masyarakat, pelaku wisata, dan jurnalis untuk ikut mempromosikan wisata Lombok Tengah," ujarnya.

Salah satu rubrik yang ada di sana adalah MotoGP. "Slot ini secara khusus menginformasikan pengembangan rute MotoGP Mandalika 2021. Go Mandalika diharapkan mampu menggugah empati setiap masyarakat Lombok Tengah," katanya.

Di samping itu ada pula rubrik Directory yang dapat digunakan UMKM dalam mempromosikan barang jualannya. Ke depannya rubrik ini juga dapat menjadi marketplace sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi secara online.

Peluncuran Go Mandalika ini didukung pula oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Pada acara itu, ia menyampaikan bahwa inovasi digital sangat diperlukan terutama di masa pandemi COVID-19.

"Kita harus transformasi proses bisnis menjadi lebih efisien. Kita harus jalin jejaring rantai pasokan dan pemasaran di industri pariwisata sehingga secara organik terbentuklah ekosistem e-tourism," ia mengungkapkan.

"Dengan adanya www.gomandalika.com, Kabupaten Lombok Tengah telah mewujudkan penerapan teknologi informasi atau e-tourism, sebagai langkah pengembangan pariwisata kita di era jaman now," kata Sandiaga.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA