Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Mar 2021 20:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ilmuwan di Amerika dan Kanada Nyatakan Perang Terhadap Tawon Pembunuh

Tawon Pembunuh
Foto: Ilustrasi tawon pembunuh (WSDA)
Fraser Valley -

Ilmuwan di Amerika Serikat dan Kanada siap menyatakan perang dengan tawon pembunuh. Sengatan tawon ini diketahui bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Spesies 'Asian Giant Hornets' alias tawon raksasa Asia diketahui akan memasuki musim bersarang dalam waktu dekat. Mereka biasa membuat sarang di daerah Whatcom County, Washington dan di dekat Fraser Valley, British Columbia.

Selama beberapa tahun terakhir di 2 lokasi itulah tawon pembunuh biasa membuat sarang. Para ilmuwan pun akan mewaspadai spesies tawon yang memiliki sengat mematikan ini.

"Ini adalah spesies yang kita tidak bisa toleransi di sini, di Amerika Serikat. Asian Giant Hornet tidak seharusnya berada di sini. Kami mungkin tidak bisa menangkap mereka semua, tapi kami akan menangkap sebanyak yang kami bisa," kata Sven-Erik Spichiger dari Departemen Agrikultur Negara Bagian Washington, seperti dikutip detikTravel dari AP, Selasa (23/3/2021).

Tawon PembunuhTawon Pembunuh Foto: WSDA

Sementara itu, Paul van Westendrop dari Kementerian Agrikultur, Makanan dan Perikanan British Columbia menyebut, tawon pembunuh tersebut bisa mengancam kehidupan manusia dan juga populasi lebah yang membantu penyerbukan tanaman.

"Ini tentu bahaya yang sangat serius buat kesehatan kita. Serangga ini sungguh mengintimidasi," keluh van Westendorp.

Baik pemerintah setempat, maupun swasta dan lembaga lainnya akan membuat perangkap guna menangkap si ratu tawon yang hendak membuat sarang. Dengan menangkap si ratu tawon, harapan mereka adalah kawanan tawon pembunuh ini tidak akan membuat sarang.

Pada bulan Oktober tahun lalu, ratusan ekor tawon pembunuh ini ditangkap dan dibunuh di Whatcom County. Kawanan tawon raksasa ini bisa sampai ke Amerika diduga karena menumpang pada kapal kargo.

Tawon raksasa Asia adalah spesies tawon terbesar di dunia dan ratunya bisa berkembang hingga ukuran 5 cm. Tawon pembunuh bisa memenggal kepala lebah dan serangga lainnya menggunakan rahang mereka.

Tawon pembunuh dengan nama ilmiah Vespa mandarinia ini bahkan bisa memusnahkan sarang mangsanya dalam hitungan jam. Serangga invasif ini biasa ditemukan di China, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Vietnam dan negara Asia lainnya.



Simak Video "Polisi di AS Tembak Pria di Kursi Roda 9 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA