Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Mar 2021 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

5 Hikmah yang Bisa Kita Petik dari Perjalanan Rasulullah SAW

Ilustrasi traveling
Ilustrasi traveling Foto: Unsplash/Simon Migaj

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta -

Perjalanan merupakan salah satu aspek fundamental dalam Agama Islam, hal ini dibuktikan dengan adanya peristiwa Isra Mikraj yaitu perjalanan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian naik ke surga dan dimurnikan. Saat itu pula, perintah untuk shalat lima waktu diturunkan.

Rasulullah juga melaksanakan banyak perjalanan lain seperti hijrah dari Mekah ke Madinah, melakukan ibadah Haji. Sebagaimana yang kita ketahui, ada banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari Rasulullah SAW tidak terkecuali perjalanan yang dilakukannya.

Sebagai umat Muslim, pelajaran dari Nabi Muhammad SAW berikut ini bisa kita terapkan setiap kali kita traveling.

1. Selalu Berniat Baik Saat Bepergian

Tidak hanya dalam bepergian, seluruh amalan yang kita lakukan bergantung kepada niatnya. Ketika Anda ingin merencanakan perjalanan, cobalah untuk memikirkan apa tujuan yang ingin Anda capai

Pastikan Anda memiliki niat yang baik untuk perjalanan ini agar berdampak positif bagi kehidupan Anda.

2. Bepergian Untuk Menambah Wawasan

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa "barang siapa berpergian dengan mencari ilmu pengetahuan, maka Allah SWT akan meletakkannya pada salah satu jalan menuju surga. Para malaikat pun akan menurunkan sayapnya." (HR.Muslim)

Hadist ini menunjukkan bahwa siapapun yang bepergian untuk mencari ilmu dan menambah wawasan, maka Allah akan senantiasa meridhoi perjalanannya. Banyak orang yang merasakan perubahan dan perkembangan setelah melakukan perjalanan. Hal ini dapat terjadi karena bertambahnya wawasan.

3. Selalu Tersenyum

Tersenyum merupakan hal yang sederhana namun sulit untuk dilakukan. Selalu ramah dan tersenyum merupakan salah satu sifat Rasulullah yang harus diteladani. Hal ini mencerminkan kepribadiannya yang halus dan lemah lembut.

Begitu pula ketika kita melakukan bepergian, cerminkanlah perilaku yang yang terpuji. Salah satunya dengan cara senantiasa tersenyum dan bersikap ramah.

4. Memperlakukan Orang Lain dengan Baik

Salah satu manfaat dari travelling adalah kita dapat memperluas pertemanan. Selama perjalanan, Anda akan menemukan dan merasakan banyak kebaikan kecil dari orang lain.

Kebaikan ini juga bersifat timbal balik, oleh karena itu terus lah berbuat baik kepada orang lain di sekitar selama perjalanan dan kebaikan itu pun akan kembali kepada Anda.

5. Menjaga Lingkungan

Imam Bukhari dan Muslim, meriwayatkan hadist dari Anas bin Malik, Rasulullah pernah bersabda : "Tidaklah seorang muslim menanam tanaman, kemudian tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia ataupun binatang ternak, melainkan hal itu sudah termasuk sedekah darinya"

Selama perjalanan, janganlah merusak dan mengganggu makhluk hidup yang Anda temui di alam. Menjaga lingkungan juga dapat dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, Anda juga bisa memilih moda transportasi yang lebih ramah lingkungan.



Simak Video "Melihat Kemegahan Rancangan Museum Rasulullah SAW"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA