Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Mar 2021 05:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Seribu Tiang, Masjid Terbesar di Jambi

Syanti Mustika
detikTravel
Masjid Terbesar di Jambi, Masjid Seribu Tiang
Foto masjid seribu tiang di Jambi (dok Simas Kemenag)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jambi -

Saat berwisata ke Jambi, traveler bisa singgah ke masjid ini. Julukannya masjid seribu tiang di jantung kota.

Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Jambi. Salah satunya, Masjid Agung Al-Falah atau nama lainnya masjid seribu tiang.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, masjid ini berada di Jalan Sultan Thaha Syaifuddin No 60, Kecamatan Legok. Meski mendapatkan julukan masjid seribu tiang, namun sejatinya jumlah tiangnya tidaklah sebanyak itu.

Masjid Agung Al Falah memiliki jumlah tiang sebanyak 232 tiang. Bentuk tiang pun terbagi dua. Pertama, tiang dengan ukuran lebih kecil yang menyangga sekeliling atap masjid di bagian luar. Kemudian, yang kedua tiang dengan warna keemasan yang menopang tengah masjid.

Masjid Terbesar di Jambi, Masjid Seribu TiangMasjid Seribu Tiang Foto: (dok Simas Kemenag)

Dalam website Simas Kemenag, dituliskan pada awalnya gagasan pembangunan Masjid Agung Al Falah mengemuka tahun 1960-an oleh pemerintah Jambi dan tokoh-tokoh Islam Jambi. Tapi, proses pembangunan masjid baru dimulai tahun 1971.

Salah satu alasan kuat untuk mendirikan masjid dan dibangun di lokasi bersejarah adalah mengacu pada lambang kota Jambi. Dalam lambang itu terdapat gambar masjid.

Masjid Agung Al-Falah di Jambi diresmikan penggunaannya oleh Soeharto pada tanggal 29September 1980.

Perlu kamu tahu juga, lokasi Masjid Agung ini berdiri dulunya merupakan pusat kerajaan Melayu Jambi. Kawasan itu pada tahun 1885 dikuasai penjajah Belanda dan dijadikan pusat pemerintahan dan benteng Belanda.

Sejarawan Jambi, Junaidi T Nur, memperkuat dengan menyebut bahwa Mesjid Agung Al Falah ini berdiri di lahan bekas Istana Tanah Pilih dari Sultan Thaha Syaifudin.

Masjid Terbesar di Jambi, Masjid Seribu TiangMasjid Seribu Tiang Foto: (dok Simas Kemenag)

Masjid kebanggaan warga Jambi ini berdiri di atas lahan seluas lebih dari 26.890 meter persegi atau lebih dari 2,7 hektare. Adapun, luas bangunan masjid adalah 6.400 meter persegi dengan ukuran 80 meter x 80 meter. Masjid ini mampu menampung 10 ribu jamaah sekaligus.

Sejak awal dibangun, Masjid Agung Al Falah atau masjid seribu tiang hingga sekarang tetap dipertahankan sesuai bentuk awalnya. Kalaupun ada renovasi hanya penambahan ukiran pada mihrab imam, tanpa merombak bentuk awal masjid serta mengganti pembungkus tiang di tahun 2008.

Sekarang, masjid kebanggaan Jambi ini menjadi salah satu destinasi favorit dan selalu ramai dikunjungi. Tidak hanya untuk beribadah, namun juga ada wisatawan yang berfoto di masjid megah ini.



Simak Video "Jalur Masuk Kota Jambi Mulai Disekat, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA