Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Apr 2021 10:54 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik 2021 Dilarang, Bandung Optimalkan Wisatawan Lokal

Siti Fatimah
detikTravel
Monumen di Taman Tegallega dibangun sebagai pengingat akan peristiwa Bandung Lautan Api. Aksi itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Ilustrasi wisata Bandung (Wisma Putra/Detikcom)
Bandung -

Pemerintah resmi menetapkan larangan mudik 2021 pada lebaran yang berlaku dari tanggal 6-17 Mei 2021. Bandung bakal membuka objek wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan aturan larangan mudik dari pemerintah pusat tetap harus dipatuhi. Seiring dengan aturan itu, pembukaan wisata wajib menerapkan protokol kesehatan. Traveler juga diminta untuk selektif memilih objek wisata yang memberlakukan prokes secara ketat.

"Kalau yang tentang mudik itu sudah kebijakan pemerintah, kita harus mematuhi. Promosi sih tetap kita lakukan, Bandung sebagai destinasi wisata jangan smpai terlupakan," kata Dewi di Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021).

Apalagi, kata dia, pengembangan wisata Bandung terus dilakukan untuk menambah minat berwisata yang aman.

"Hal-hal yang baru di Kota Bandung ini sudah kita lakukan dan terus kita lakukan di masa yang akan datang tentunya harus kita promosikan. Jadi tidak apa-apa untuk berwisatanya nanti di kemudian hari setelah keadaan semakin aman untuk dikunjungi," dia menjelaskan.

Dewi bilang salah satu indikator wisatawan untuk memilih objek wisata, restoran, dan hotel atau cafe saat ada larangan mudik 2021 adalah dengan tanda sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety, dan Environment) di tempat tersebut.

"Itu merupakan satu jaminan juga bahwa Bandung ini destinasi yang aman, nyaman untuk dikunjungi karena industri pariwisatanya untuk hotel, restoran, tempat wisata, tempat hiburan dan lain-lainnya ini terus-terusan kita himbau untuk melakukan program sertifikasi," ujar Dewi.

Dewi sekaligus menyampaikan target kunjungan wisatawan tahun 2021. Angkanya jauh di bawah jumlah kunjungan wisatawan sebelum pandemi Covid-19, yanng mencapai 7-8 juta kunjungan wisatawan ke Kota Bandung.

"Sekarang kita sudah merevisi juga target yang ada di rencana LPJMD karena melihat dampak dari Pandemi ini kita belum tahu kapan selesainya dan dampaknya juga sampai kapan, jadi kita menyesuaikan sampai satu tahun itu hanya rata-rata 3 jutaan lah," kata dia.

Pada 2020, Disbudpar Bandung mencatat sekitar 2 juta lebih wisatawan domestik yang masuk ke Kota Bandung.

"Itu hanya wisatawan domestik, karena penerbangan luar negeri pun belum dibuka oleh bandaranya makanya tadi saya sampaikan target utama kita, wisata Bandung, itu sekarang adalah domestik dan lokal," kata dia.



Simak Video "Truk di Tol Cikarang Barat Keciduk Bawa Pemudik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA