Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Apr 2021 16:16 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungan Wisatawan ke Lembongan-Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur Meningkat

Tim detikcom
detikTravel
Jakarta -

Kunjungan wisatawan ke Pulau Lembongan dan Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Bali melalui Pelabuhan Penyeberangan Sanur, Kota Denpasar meningkat. Kenaikan kunjungan wisatawan itu terjadi sejak 1 April 2021 saat libur akhir pekan Paskah.

"Sepanjang pengamatan saya, per 1 April kemarin, khusus mulai libur Paskah kemarin Jumat, sama hari ini, ada peningkatan tetapi tidak terlalu signifikan," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa Kantor Wilayah Kerja Sanur, I Ketut Suratnata Putra di Pelabuhan Penyeberangan Sanur, Sabtu (3/4/2021).

Kenaikan kunjungan wisatawan ke Lemongan dan Nusa Penida bisa dilihat dengan dari adanya penambahan jumlah armada kapal yang beroperasi. Biasanya, pergerakan armada di masa pandemi COVID-19 hanya mencapai 5 hingga 6 kapal. Kini, terdapat penambahan antara 3 sampai 4 armada kapal.

"Selama masa pandemi ini, pergerakan kapan itu kan biasanya 5 sampai 6 kapal, tapi saat long weekend ini ada penambahan 3 sampai 4 armada. Jadi ada peningkatan tapi tak telaah signifikan," jelas Suratnata.

"Jumlah orang per kapal itu sekitar 60 sampai 70 orang, karena kan memang harus ada pembatasan jumlah penumpang di tengah pandemi COVID-19. Jadi harus tetap jaga jarak dan diatur oleh petugas kapal.Jadi ada sekitar 1000 orang lah penumpang, soalnya kan ada kapal yang jalan dua kali, jadi dari 10 kapal itu ada dua trip, dimulai jam 7.00 WITA, jam 8.30 WITA , 9.00 WITA dan sore jam 17:00 WITA," kata dia.

Menurutnya, kunjungan wisatawan ke Lembongan-Nusa Penida didominasi wisatawan domestik dan hanya beberapa wisatawan mancanegara. Beberapa wisatawan mancanegara yang turut menyeberang biasanya sudah lama tinggal di Bali.

Suratnata memprediksi, arus balik dari Lembongan dan Nusa Penida diperkirakan terjadi pada Minggu (4/4/2021) besok. Sebab wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida akan bermalam di sana selama satu hingga dua hati.

"Mungkin hanya sampai besok ya, minggu dan arus balik dari Nusa Penida sampai besok, setelah itu akan biasa lagi," kata mantan Kepala Wilayah Kerja Serangan itu.

(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA