Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Gara-gara Tiang Listrik, Taman Nasional Alas Purwo Sampai Ditutup

Ardian Fanani
detikTravel
18 Tiang Listrik Roboh di Alas Purwo
Foto: 18 tiang listrik roboh di Alas Purwo (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) bakal ditutup untuk kunjungan wisatawan untuk selama seminggu. Gara-garanya ada 18 buah tiang listrik yang roboh di sana.

Penutupan ini dilakukan menyusul tumbangnya puluhan tiang listrik sampai-sampai menutup akses masuk ke salah satu wisata alam andalan Banyuwangi ini.

Koordinator Perlindungan Balai TNAP, Sucipto, menyatakan sebanyak 18 tiang listrik roboh karena tertimpa pohon tumbang. Tiang listrik itu roboh melintang di tengah jalan. Diduga pohon tumbang karena diterpa angin kencang.

"Pohon tumbang itu kena angin kencang dan tumbang menimpa kabel," kata Sucipto kepada wartawan, Kamis (8/4/2021).

Peristiwa itu diperkirakan terjadi pada Selasa, 6 April 2021 malam. Berdasarkan laporan yang diterimanya, saat itu terjadi angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon di TNAP tumbang. Salah satunya menimpa jaringan listrik sehingga mengakibatkan tiang listrik tersebut tumbang.

Selanjutnya, tiang listrik yang lain ikut tumbang hingga mencapai 25 tiang listrik. Parahnya, tiang listrik tersebut tumbang ke arah jalan. Sehingga, menutup akses masuk ke Taman Nasional Alas Purwo.

"Sehingga tidak memungkinkan kendaraan untuk masuk," ujarnya.

Imbas dari kejadian ini, kata Sucipto, TNAP akan ditutup untuk kunjungan wisatawan. Sejak Rabu sudah banyak wisatawan yang terpaksa putra balik karena tidak bisa masuk. Selain itu, sejumlah wisatawan yang rencananya berkunjung pada akhir pekan juga sudah menghubungi pihak Balai Taman Nasional Alas Purwo.

"Untuk ke depan mungkin 3 hari sampai seminggu akan kita tutup. Karena memang tidak memungkinkan masuk. Tapi, kita masih menunggu informasi lebih lanjut," ujar dia.

Saat ini, Balai TNAP sudah berkoordinasi dengan pihak PLN. Proses evakuasi tiang listrik sudah dilakukan oleh pihak PLN. Diperkirakan proses evakuasi ini akan memakan waktu beberapa hari. Karena jika ada tiang yang patah tidak mungkin evakuasi dilakukan secara manual.

Kepala PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H. Setyawan membenarkan robohnya 18 tiang listrik yang menghalangi akses jalan menuju Taman Nasional Alas Purwo.

Untuk perbaikan, kata Krisantus, memprediksi akan berlangsung 2 hari ke depan. Sebab, tiang listrik yang roboh itu kondisinya sudah tidak bisa dipakai lagi. PLN harus mengganti 18 tiang baru, untuk kembali mengaliri destinasi wisata unggulan Banyuwangi ini.

"Kami lakukan secepat mungkin. Kita harus pesan dulu tiang listrik. Karena tiang listrik yang roboh kondisinya retak dan patah. Harapan kita tidak ada halangan dalam perbaikan ini," kata dia.



Simak Video "Memahami Banteng Jawa, Penghuni Alas Purwo "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA