Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 09:03 WIB

TRAVEL NEWS

Ada 18 Tiang Listrik Roboh, Alas Purwo 'Mati Lampu'

Ardian Fanani
detikTravel
18 Tiang Listrik Roboh di Alas Purwo
Foto: Ada tiang listrik roboh di TN Alas Purwo (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Aliran listrik ke destinasi wisata Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi terputus, akibat imbas dari robohnya 18 tiang listrik karena sebuah pohon jati tumbang.

Tak hanya itu, akses jalan menuju destinasi wisata itu juga ditutup sementara. Saat ini, petugas PLN Banyuwangi melakukan evakuasi dan pembersihan jalur dari tiang listrik yang roboh, karena menghalangi akses jalan menuju destinasi TN Alas Purwo.

Kepala PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H. Setyawan membenarkan robohnya 18 tiang listrik yang menghalangi akses jalan menuju TN Alas Purwo.

"Memang benar ada 18 tiang yang roboh melintang di jalan menuju Alas Purwo. Saat ini petugas kami melakukan evakuasi," ujarnya kepada detikTravel, Rabu (7/4/2021).

Robohnya tiang listrik itu, kata Krisantus, imbas dari tumbangnya pohon jati besar yang menimpa jaringan listrik yang menyalurkan aliran listrik ke dalam destinasi wisata TN Alas Purwo. Belum diketahui pasti penyebab dari tumbangnya pohon jati itu.

"Ada pohon jati tumbang yang terkena jaringan. Sehingga ada 18 tiang yang roboh. Saat ini padam di sekitar Alas Purwo. Kalau cuaca mungkin iya, atau juga karena hujan mengakibatkan lahan gembur dan membuat tumbang," tambahnya.

Untuk perbaikan, kata Krisantus, pihaknya memprediksi akan berlangsung 2 hari ke depan. Sebab tiang listrik yang roboh itu kondisinya sudah tidak bisa dipakai lagi. PLN harus mengganti 18 tiang baru, untuk kembali mengaliri destinasi wisata unggulan Banyuwangi ini.

"Estimasi 2 hari ya pak. Kita lakukan secepat mungkin. Kita harus pesan dulu tiang listrik. Karena tiang listrik yang roboh kondisinya retak dan patah. Harapan kita tidak ada halangan dalam perbaikan ini," pungkasnya.



Simak Video "Memahami Banteng Jawa, Penghuni Alas Purwo "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA